• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Wartawan Kulon Progo Tanam 2020 Pohon di Kawasan Pantai Glagah

20 January
19:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kulon Progo : Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK) dengan BPDASHL, Kelompok Tani Pesisir Sido Maju, Paguyuban Mandiri Maju Bersama, dan Pelaku Wisata Pantai Glagah melakukan penanaman pohon di Pantai Glagah, Senin (20/01/2020).

Ada sekitar 2020 pohon dengan jenis nyamplung, yang ditanam sebagai sabuk hijau atau Green Belt di kawasan wisata sekaligus di selatan Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

Ketua PWK Asrul Sani mengatakan, penanaman pohon tersebut sebagai wujud kepedulian wartawan pada lingkungan pada adanya bandara YIA. Dengan adanya bandara YIA, diakui Asrul, lingkungan menjadi lebih gersang sehingga kemudian perlu dilakukan penanaman bibit pohon. 

"Dalam peringatan Hari Pers Nasional 2020, selain penanaman pohon, rencananya juga akan dilakukan bedah rumah rumah warga miskin di Sentolo pada minggu 2 Februari 2020," ujar Asrul Sani usai kegiatan penanaman pohon di Glagah.

Asrul menambahkan, kegiatan lainnya adalah berupa seminar di Aula Adikarto Gedung Kaca dengan pembicara sejumlah tokoh, dan juga PWK Award.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengapresiasi adanya kegiatan tersebut, karena merupakan wujud komitmen menjaga lingkungan dan juga mendukung Green Belt di Selatan YIA.

"Media ternyata turut andil dalam pembangunan daerah, dalam bidang pelestarian lingkungan, konservasi alam," tutur Sutedjo.

Sutedjo menjelaskan, hal ini sejalan dengan upaya untuk melestarikan lingkungan, yang menjadi bagian dari konsep konservasi lingkungan. Konservasi mempunyai arti sebagai usaha pelestarian lingkungan hidup yang mengutamakan manfaat atau daya guna lingkungan, dan upaya keseimbangan komponen-komponen lingkungan hidup demi pemanfaatan masa depan lingkungan yang merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi.

"Maka dari itu, harus kita jaga kelestariannya," ungkap Sutedjo.

Menurut Sutedjo, bagi pemerintah daerah, keberadaan pers dinilai sangat penting. Pers merupakan jembatan sekaligus ujung tombak penyampaian informasi berbagai program pembangunan dari pemerintah ke masyarakat.

Media massa, lanjutnya, sangat berperan dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan kritik dan saran kepada pemerintah, dan jug turut menyajikan informasi penting terkait ekonomi kerakyatan seperti penyampaian berita-berita produk lokal dan berbagai inovasi daerah. (hrn/yyw).

  • Tentang Penulis

    Harun Susanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00