• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

KPU Sleman Buka Pendaftaran 85 Panitia Pemilihan Kecamatan

18 January
14:49 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman mulai Sabtu (18/01/2020) hingga Jumat,( 24/01/2020) membuka Pendaftaran Panitya Pemilihan Kecamatan atau PPK, untuk pelaksanaan Pilkada Sleman tahun ini.

Ketua KPU sleman Trapsi Haryadi di Kantornya Denggung, Sabtu ( 18/01/2020), mengungkapkan, pendaftaran calon PPK ini guna menghasilkan penyelenggara Pilkada yang kredibel, kompeten dan berintegritas dan cerdas, jujur dan adil untuk melaksanakan seluruh proses tahapan pilkada Sleman yang akan digelar 23 September mendatang.

"Untuk pelayanan pendaftaran hari Sabtu (18/1/2020) kantor KPU Sleman tetap membuka pelayanan penerimaan berkas termasuk hari Minggu," jelasnya.

Pendaftaran PPK ditegaskan Trapsi Haryadi, tidak dipungut beaya, sehingga jika masyarakat menemui adanya pihak yang meminta imbalan dengan tujuan tertentu, diminta agar diabaikan saja, karena hal tersebut merupakan janji bohong dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Mengenai syarat calon anggota PPK, berdasarkan Peraturan PKPU Nomor 3/2017, tidak boleh berasal dari anggota Partai Politik, atau minimal lima tahun sebelumnya sudah tidak lagi sebagai anggota Parpol.

"Ini guna menjaga profesionalitas dan Netralitas PPK sehingga dapat menghindarkan masuknya kepentingan politik dalam penyelanggaraan Pilkada," tambahnya.

Khusus untuk anggota PPK Pilkada Sleman 2020, Trapsi Haryadi juga mensyaratkan mereka memahami Teknologi Informasi,karena sesuai instruksi KPU RI, dalam Pilkada tahun ini penghitungan suara akan menerapkan E Rekapitulasi.

Dalam Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sleman tahun ini, KPU Sleman membutuhkan 85 tenaga PPK,untuk 17 Kecamatan, karena masing-masing Kecamatan akan dilayani lima PPK. (koes/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00