• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kemenkes: Antraks di Gunungkidul Masuk Kejadian Luar Biasa

17 January
17:14 2020
1 Votes (5)

KBRN, Gunungkidul : Kementrian Kesehatan RI menyatakan bahwa kasus antraks yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta masuk dalam Kejadian Luar Biasa atau KLB.

Direktur Jendaral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, Anung Sugihartono mengatakan, status tersebut disematkan lantaran banyaknya korban yang jatuh dengan waktu penyebaran penyakit yang cukup singkat.

"Kita tetapkan KLB jIka dilihat dari kasusnya, ini meningkat dari kasus sebelumnya," katanya kepada media di Kantor Dinas Bupati Gunungkidul, Jumat (17/1.2020).

Anung mengatakan, masalah antraks ini bukan lagi masalah pemerintah daerah namun kini sudah menjadi masalah nasional. Sehingga pihaknya meminta pemerintah setempat berkoordinasi dengan propinsi maupun pemerintah pusat untuk melakukan penanganan antraks secara maksimal.

"Soal antraks ini kita tidak saja berbicara tentang kesehatan hewan namun manusia dan lingkungan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan," paparnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kemenkes RI ingin melihat langsung penanganan antraks oleh pemerintah Gunungkidul. Untuk memaksimalkan penanganan pihaknya akan menambahkan sejumlah peralatan kesehatan.

"Kita juga akan tambah tenaga medis dan petugas kesehatan. Selain itu kita memastikan antibiotik, dan peralatan pelindung diri yang digunakan petugas semuanya ada," katanya.

Lebih jauh disampaikan, dalam kunjungannya, Anung juga ingin memastikam kesehatan hewan ternak. Bukan sebatas yang dipelihara warga saat ini, tetapi sampai pada mekanisme perdagangan.

Pemkab wajib memperhatikan perdagangan dan lalu lintas ternak harus dijamin kesehatannya. Hal tersebut penting, sebab, berdasar keterangan yang ia peroleh, populasi hewan ternak di DIY, 70 persennya ada di Gunungkidu

"Penjualan dari satu daerah ke daerah lain hewan harus dalam keadaan sehat," tandasnya. (wib/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Wibowo

    Kontributor RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00