• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Tertipu "Raja Sejagat" Warga Gunungkidul Rela Jual Sawah

15 January
19:06 2020
1 Votes (5)

KBRN, Gunungkidul: Warga Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarya, Hadi Suroso (74) menjadi korban "Raja Kraton Sejagat", Sinuhun Totok Santoso Hadiningrat yang kini rame dibicarakan di media sosial. Pensiunan TNI Angkatan Darat (AD) ini harus rela kelihangan sawah miliknya.

Ditemui dirumahnya, Roso sapaan akrabnya menceritakan awal mula dirinya tergiur dengan bujuk rayu Totok Santoso. Roso dipilih Totok Santoso sebagai koordinator atau ketua Gunungkidul Develepment Commite (DEC), lembaga bentuka  Totok Santosa.

"Sejak Tahun 2016 saya pertama kali bertemu orang ini (Totok) Saya dikenalkan oleh ibu Ratna kepada Raja gadungan ini," kata Roso kepada media, Rabu (15/1/2019).

Saat ditunjukan foto Totok Santosa, Roso mengamini bahawa dalam foto tersebut benar Totok yang kini di telah diperbincangkan. Saat datang bersama Retno kerumahnya, Totok memperkenalkan organisasi yang ia dirikan sekaligus menunjuk Roso sebagai koordinator atau ketua di wilayah Gunungkidul.

Dalam ceritanya, lelaki yang pensiun dengan pangkat Kapten ini bercerita, dia dijanjikan akan mendapatkan tunjangan sebesar USD 500 perbulannya untuk biaya operasional seluruh kegiatanya.

"Tunjangan ini katanya diberikan kepada seseorang yang menjabat sebagai Koordinator atau Ketua untuk wilayah Kabupaten," katanya.

Hampir tiga tahun Roso berjibaku dengan kegiatan tersebut. Akhirnya dia memutuskan berhenti pada akhir Tahun 2018 lalu. Ia berhenti karena apa yang dijanjikan tidak pernah muncul dan terealisasi.

"Tidak ada yang masuk akal. Semua hanya bohong," katanya geram.

Tidak sedikit uang yang sudah dikeluarkan Roso. Selama tiga tahun dia harus merogoh kocek untuk biaya operasional. Subsudi dana yang dijanjijan Totok tak kunjung datang hingga Roso harus rela menjual tanah yang ada di Kecamatan Patuk.

"Semua ongkos saya dan anggota ya saya yang tanggung karena saya ketua harus bertanggung jawab. Puluhan juta lah, tanah sawah sampa terjual untuk biasa operasional," urainya.

  • Tentang Penulis

    Wahyu Wibowo

    Kontributor RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00