• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Isu ‘Klithih’ dan Pariwisata Jogja dalam Talkshow RRI 'Selasa Wagen’

14 January
18:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Isu ‘Klithih’ atau aksi kekerasan/kenakalan yang dilakukan remaja Yogyakarta dinilai sangat mencoreng citra pariwisata Yogyakarta dan meresahkan masyarakat.

Isu keamanan bagi dunia pariwisata memang sangat sensitif. Tetapi  pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta  menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta,  meskipun akhir-akhir ini aksi Klithih semakin sering terjadi.

Kabid Pengembangan Kapasitas Wisata pada Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo dalam acara talkhows Jagongan RRI di Kawasan Malioboro Yogyakarta menyebutkan,  pemerintah DIY dan Polda DIY serius menangani masalah ini. Beberapa dari aksi pelaku klithih pun sudah berhasil diringus oleh aparat keamanan.

“Untuk menangani persoalan klitih ini peran keluarga, sekolah dan pemerintah sangat diperlukan,” tandasnya, Selasa (14/1/2020) sore.

Persoan klithih dan pariwisata tersebut menjadi fokus talkshow ‘Jagongan’  mengingat aksi klithih sudah sangat meresahkan masyarakat Yogyakarta.

Talkshow Jjagongan yang disiarkan pro4 RRI Yogyakarta tersebut  bagian dari partisipasi RRI pada acara bulanan Selasa Wage di Kawasan Malioboro di mana dikemas dalam obrolan santai, kocak, dan diselingi tarian Tayub  dan  lagu-lagu daerah yangt dibawakan oleh seniman seniwati RRI Yogyakarta sekaligus mendapat sabutan pengunjung Malioboro.

Sementara itu di sisi lain, salah seorang pengunjung asal Tasikmalaya Jawa Barat Achmad usai menyaksikan takshow, menyatakan mengapresiasi adanya penerapan Malioboro bebas dari kendaraan seperti pada Selasa Wage ini.

Ia juga mengapresiasi pengorbanan warga dan masyarakat khususnya pedagang kakilima yang rela kehilangan pemasukan dengan tidak berjualan, guna ikut mendukung penerapan Malioboro bebas kendaraan.

“Wah ini bagus, belum pernah saya melihat Malioboro seperti ini, bebas kendaraan dan kesemrawutan lalu lintas. Para pedagan juga taat aturan untuk tidak berjualan. Ini kan sebenarnya rugi mereka,” tutur Achmad.

Kegiatan Selasa Wage merupakan upaya pemerintah DIY untuk mengembalikan kawasan Malioboro sebagai fungsi dan filosofinya semula. (cok/yyw).

  • Tentang Penulis

    Sri Anggarawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00