• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kesiapan RSUP Sardjito, dalam Menangani Penyakit Mers-Cov

14 January
14:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Rumah Sakit Umum Pemerintah-RSUP Dr Sardjito menggelar simulasi menangani kasus penyakit menular yang berbahaya yang menyerang saluran pernapasan Middle East Respiratory Syndrome coronavirus-MERS Cov.

Bertempat di UGD RSUP Dr Sardjito Tim medis yang diketuai Dr Handoyo mencoba mempraktekkan cara menangani pasien yang terkena penyakit ini. Ketika diwawancarai RRI, Selasa (14/01/2020) Dr Handoyo mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk antisipasi ketika nantinya menemukan kasus MERS-Cov di rumah sakit Sardjito.

"Ini kan kita simulasi, artinya kita membangun kesiapsiagaan. Virus ini sifatnya kan sudah menjadi ancaman, memang sampai saat ini kita belum pernah ada kasus yang positif, tapi tidak berarti bahwa kita tidak harus tidak siap. Jadi kita harus siap karena itu sudah menjadi kewaspadaan nasional," ujar dokter Handoyo.

Lebih lanjut Dr Handoyo menambahkan, untuk mengetahui gelaja-gejala dari penyakit ini antaralain demam, minggigil, Batuk, Pilek, Sakit Tenggorokan dan sesak nafas.

"Untuk penanganannya memang dibutuhkan penanganan yang intensive dengan menempatkan pasien di ruang isolalsi agar tidak menyebar ke pasien maupun orang sehat lainnya," jelasnya.

Dokter Handoyo mengingat, penyebaran dari penyakit ini sangat mudah bisa melalui udara yang dihirup pasien disekitarnya. Namun sejauh ini di RSUP Dr Sardjito belum pernah menangani pasien yang benar-benar positif menderita penyakit MERS-COV. (ugik/mrt)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00