• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Sampel Tanah yang Diambil Dinas Kesehatan Positif Antraks

13 January
15:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyatakan, sampel tanah yang diambil dan diuji laboratorium di Balai Besar Veteriner Wates Positif mengandung bakteri antraks.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr Dewi Irawati mengatakan, Dinkes Gunungkidul mengambil sampel luka dan sampel tanah yang dikirim ke Balai Besar Veteriner di Wates, Kulon Progo dan Bogor.

"Sampel tanah positif terpapar bakteri antraks. kita hanya mengambil sedikit tapi ini hasilnya sudah keluar. Sementara untuk sampel luka dinyatakan negatif," katanya, Senin (13/1/2020).

Dewi mengatakan, sampel luka memang diambil dari beberapa orang yang suspect antraks. Sehingga kemungkinan sudah ada tindakan medis yang sudah dilakukan.

"Kemungkinan sudah ada pemberian antibiotik sehingga hasil laboratorium dari BB Vet Wates negatif," jelsnya.

Dewi juga mengatakan ada penamahan warga suspek antraks sebanyak 64 orang yang berasal dari kecamatan Semanu. Namun mereka sudah mendapatkan perawatan baik pemberian anti biotik maupun obat.

"Berdasarkan keteranga petugas kita dilapangan, 64 orang ini diduga ikut memakan daging dari hewan ternak yang diperoleh dari Desa Gombang, Ponjong, tempat dimana hewan ternak meninggal," ungkapnya.

Dinas kesehatan Gunungkidul mengaku masih menunggu sampel darah yang dikirim ke Balai Besar Veteriner Bogor. Dewi mengaku pihaknya terus mendorong agar hasil laboratorium segera keluar.

"Kalau darah kita belum mendapatkan jawaban. Kita terus melakukan koordinasi," pungkas Dewi. (wib/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Wibowo

    Kontributor RRI Yogyakarta

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00