• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olah Raga

Indonesia Raih Juara Pertama Kejuaraan Hapkido Asia

2 January
16:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Indonesia berhasil menjadi juara pertama di ajang kejuaraan Asia cabang olahraga Hapkido yang digelar akhir tahun kemarin di Hongkong.

Membawa 15 atlet dan dua orang pelatih, tim Indonesia  berhasil membawa pulang empat emas, satu perak dan satu perunggu. Tiga emas sendiri diraih dari kategori Daeryun, kemudian satu emas lainnya dari kategori Hyung.

Menurut Ketua Umum Hapkido Indonesia, GBPH Prabukusumo, pihaknya memang telah mempersiapkan sejak lama untuk ajang ini. Dengan diawali menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) di bulan Oktober. Kemudian atlet-atlet terbaik di ajang tersebut dipilih untuk mewakili Indonesia dengan menggelar latihan intensif bersama dengan pelatih terbaik.

Sebagai cabang olahraga baru di Indonesia, yang baru berkembang selama lima tahun belakangan, ia menilai perkembangan Hapkido luar biasa.

Karena sudah tiga kali ini mengikuti kejuraan internasional dan selalu berhasil menjadi juara umum.

“Untuk meraih juara harus betul-betul dari unsure atlet, teknik, stamina dan cara latihan, diukur dari speed, power, akurasi dsb, pemusatan latihan tidak boleh salah,” ujarnya ketika ditemui wartawan pada Kamis (02/01/20).

Sementara itu, pendiri Hapkido Indonesia, Master Yoyok Suryadi mengatakan kejuaraan ini diikuti sebanyak 10 negara. Sebenarnya menurut Yoyok ada 14 negara yang turut berpartisipasi. Namun, empat diantaranya batal mengikuti karena kondisi Hongkong yang belum kondusif. Diantara negara yang absen yakni Malaysia, Singapura, Pakistan dan Jepang.

Dari 15 atlet yang berangkat, delapan diantaranya merupakan atlet putrid dan tujuh orang atlet putra. Mereka diantaranya yakni Fellie Deparisa, Jeffry Kurniawan, Devi Safitri, dan Sylvia Candra Kurniawan yang meraih medali emas. Selain atlet-atlet senior, ada pula atlet junior yang turut di ajang tersebut.(dev/ryt)

  • Tentang Penulis

    Mahadevi Paramita Putri

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Riyanto

    Reporter RRI Yogyakarta&amp;lt;br /&amp;gt;&amp;lt;br /&amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00