• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Kepala Desa Harus Paham Betul Potensi Desa

31 December
13:42 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Sebanyak 56 kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa tahun 2019 dilantik oleh Bupati Gunungkidul, Badingah, di Gedung Olahraga (GOR) Siyono Harjo.

Dalam sambutannya orang nomor Satu di Gunungkidul ini meminta kepala desa terpilih untuk langsung bekerja dan betul-betul memahami potensi di masing-masing desa mereka.

"Kami ucapkan selamat, setelah dilantik kami harapkan kepala desa ini mampu menggali potensi yang ada di desa masing-masing," kata Badingah, Selasa (31/12/2019).

Selain itu, Badingah juga mengatakan kades terpilih harus mampu menjadi pengayom masyarakat, mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia dan bekerja secara jujur dan adil.

Terlebih dalam mengelola dana desa, Kades harus hati-hati dan tidak menyalahgunakan aturan agar terhindar dari jeratan hukum yang dapat membawa kepala desa masuk bui.

"Kepala Desa merupakan pilihan langsung dari masyarakat, sehingga dalam kinerjanya nanti para Kades harus bisa lebih mensejahterakan masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunungkidul Sudjoko menganggap, Pilkades Gunungkidul 2019 berjalan aman.

Adanya beberapa masalah kecil di tengah masyarakat dinilai menjadi bagian dari proses demokrasi. Pihakya berpesan agar Kades terlantik dapat menjalankan tugas dengan baik, jujur dan adil.

"Laksanakam sesuai aturan baik Peraturan Bupati, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), maupun Peraturan Menteri Desa (Permendesa),' pungkasnya. (juju/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00