• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pesan Walikota Kepada Aman Yuriadijaya Sebagai Dewas BPR Bank Jogja

31 December
01:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Walikota Yogyakarta Haryadi secara resmi melantik Aman Yuriadijaya sebagai anggota serta ketua dewan pengawan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Jogja periode 2019-2023.

Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti dalam arahannya menyampaikan, sebagai bank milik Pemerintah Kota Yogyakarta harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang pertumbuhannya semakin pesat.

Menurutnya, perlu adanya inovasi dan terobosan terutama dalam memanfaatkan peluang pembayaran non tunai.

"Sekarang itu tidak perlu membawa duit di dompet kemana-mana, tapi yang sekarang yang penting saldo. Jadi penggunaan akan semakin beredar dengan dua sistem yaitu sistem e-money dengan fisik dan juga sistem berbasis server yaitu adalah barcode. yang jelas perputaran tidak secara fisik jadi melalui bank jogja diharapkan bahwa seluruh warga masyarakat dibuat mempunyai partner jual-beli dengan sistem transaksi giral," katanya, Senin (30/12/2019).

Ia mencontohkan penggunaan digitalisasi transaksi di pasar tradisional Beringharjo yang sudah menggunakan pembayaran non tunai LinkAja. Melalui perkembangan teknologi harus diimbangi dengan berbagai terobosan, namun pihaknya tidak menyarankan BPR Bank Jogja menjadi Vintek.

"Kalau masuk ke pasar Beringharjo ada jual pecel, kalau tidak bawa uang tapi pengen pecel sepanjang saldo LinkAja cukup bisa dibayar," jelasnya.

Haryadi menambahkan, permasalahan situasi ekonomi Global perlu diperhatikan dengan tetap mempertahankan kinerja keuangan seperti analisa laporan keuangan maupun rasio keuangan.

"Sebagai Dewan Pengawas salah satu tugasnya adalah menganalisa rasio-rasio keuangan," imbuhnya.

Haryadi meminta agar BPR Bank Jogja memperhatikan basic perbankan yaitu Land To Deposit Ratio (Ldr), maupun Non Performing Loan Ratio (NPL), dengan permasalahan kredit macet. 

Sementara selain pengambilan sumpah dan pelantikan Dewan Pengawas masa jabatan 2019-2023 juga dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan modal Pemerintah Kota Yogyakarta kepada Perumda BPR Bank Jogja yang diterima langsung Direktur Utama Perumda BPR Bank Jogja Kosim Junaedi.(ian)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00