• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Jangan Ada Sweeping dan Intoleran di Yogya

25 December
19:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : DPRD DIY mengingatkan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga suasana kondusif di Yogyakarta selama perayaan Natal dan Tahun baru.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto di Yogyakarta mengatakan bersama Badan Kesbangpol dan Satpol PP Pemda DIY, Komisi A DPRD DIY telah melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan keamanan dan ketertiban umum menjelang Natal dan Tahun Baru di Gereja dan terminal.

"Pemantauan ini penting dilakukan untuk memastikan Yogyakarta siap menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung," katanya, Selasa (24/12/2019).

Tidak hanya itu, persoalan keamanan dan kenyamanan juga sangat penting. Ibadah dan perayaan Natal di Yogyakarta harus berlangsung lancar, tertib, kondusif. Semua pihak harus mengendalikan diri, jangan sampai natal di Yogyakarta dicederai adanya kasus intoleransi

"Berikutnya ialah soal keamanan dan kenyamanan yang ada. Tidak boleh ada sweeping atau apapun yang nantinya akan menciderai Yogyakarta sebagai daerah istimewa," lanjutnya.

DPRD DIY juga meminta aparat kepolisian menindak tegas setiap tindakan yang melanggar hukum baik di bidang lalu lintas atau pun yang mengganggu Kamtibmas.

"Kepada Pak Polisi kami berterimakasih dan silakan saja kalau ada pelanggaran ditindak saja. Pelanggaran lalu lintas mau Plat luar kota atau dalam DIY tindak saja. Begitu pula pelanggaran kamtibmas," tambahnya.

Hal senada disampaikan, Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Suwardi.

"Yogyakarta yang toleran harus terus dijaga. Itu budaya kita yang sudah ada sejak dulu. Jangan sampai ternodai intoleransi," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X juga berharap perayaan Natal di DIY berlangsung aman. Aparat keamanan juga sudah melakukan sterilisasi dan pengamanan tempat ibadah untuk memberikan rasa aman dan nyaman umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah perayaan Natal.

"Semoga aman nyaman, tempat ibadah juga sudah dijaga, disterilkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. (wur/edi/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00