• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Desa di Sleman Disiapkan E-Voting untuk Pilkades

5 December
21:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Ratusan warga di dua desa yaitu, Sumberharjo dan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman mengikuti sosialisasi pilkades dengan cara e-voting  yang digelar di aula desa setempat.

Koordinator pelaksana sosialisasi pilkades e-voting dari Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sleman,  Sendri Pratama Rifa, saat diwawancarai RRI, di sela kegiatan sosialisasi  mengatakan, acara tersebut digelar untuk memberi edukasi masyarakat tentang pemungutan suara berbasis teknologi.

“Kegiatan sosialisasi pilkades tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan dan pengenalan alat bagi masyarakat, yang nantinya pada tanggal 29 Maret 2020, mereka sudah mengetahui tata cara memilih dengan cara menyentuh layar e-voting elektronik,” ujar Sendri, Kamis (5/11/2019) siang.

Menariknya, masyarakat langsung diajak mempraktikkan pemungutan suara versi modern ini. Mereka langsung praktik dengan menyentuh layar yang sudah tertera surat suara elektronik.

Lebih lanjut Sendri mengungkapkan, dalam perangkat e-voting yang digunakan sebagai media sosialisasi, sejatinya cukup sederhana. Peralatan yang dipakai meliputi sebuah laptop berisi dua aplikasi e-verifikasi dan aplikasi generator.

“Nah, kalau aplikasi generator ini berfungsi untuk membangkitkan surat elektronik yang ada dalam e-voting elektronik,”ungkapnya di Balai Desa Sambirejo.

Widodo, salah satu warga Sambirejo mengatakan dengan adanya sosialisasi pilkades lewat cara e-voting, menurutnya lebih mudah dan cepat, karena dengan hanya menyentuh layar hasilnya sesuai dengan pilihan yang dikehendaki.

“Contoh jika memilih nomor 3, maka yang keluar hasilnya juga nomor 3 jadi sesuai dengan hati  yang  kita pilih,” ujar bapak berusia 51 tahun itu.

Sementara itu, Sekdes Sambirejo, Mujimin, mengatakan,  di Desa Sambirejo jumlah masyarakat yang memiliki hak pilih  berjumlah sekitar 4.500 orang. Mereka tersebar di delapan dusun yang ada di desa itu.

“Dengan adanya sosialisasi Pilkades e-voting ini harapan kami, khususnya warga di Desa Sambirejo betul-betul dapat memahami apa yang disampaikan tim PMD Sleman terkait Pilkades nanti. Semoga saja nanti dalam pelaksanaan Pilkades yang digelar 29 Maret 2020 bisa berjalan lancar serta tidak ada kendala, meskipun yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Sleman,” tandasnya. (yon/ros/yyw)

 

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00