• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Obyek Wisata Pule Payung Jadi Destinasi Baru Terpopuler Tingkat Nasional

28 November
22:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kulon Progo : Destinasi wisata Pule Payung di Kecamatan Kokap Kulon Progo mendapatkan gelar juara 1 nasional untuk kategori destinasi baru terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Di ajang penghargaan itu, Pule Payung mengungguli beberapa destinasi dari sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Danau Love dari Kabupaten Jayapura dan Tepian Bandar Sungai Jantan dari Kabupaten Siak. Pule Payung dalam hal ini memperoleh total perolehan 896.339 suaramelalui 4 buah saluran voting.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kulon Progo, Nining Kunwantari mengatakan bangga dengan gelar yang dapatkan Pule Payung tersebut, mengingat wisata Pule Payung merupakan obyek wisata yang tidak dikelola oleh pemerintah namun oleh swadaya masyarakat.

Hal itu menjadi kebanggaan yang lebih, karena membawa semangat pemberdayaan masyarakat sekitar. Dinas Pariwisata Kulon Progo berharap, hal serupa bisa dilakukan destinasi-destinasi lain yang dikelola swadaya oleh masyarakat dalam meningkatkan layanan kepariwisataannya.

"Kulon Progo pada tahun 2018, juga meraih penghargaan dalam API yakni Tari Angguk sebagai juara 1 tingkat nasional Kategori Atraksi Budaya Terpopuler dan Kebun Teh Nglinggo sebagai juara 3 nasional kategori Ekowisata Terpopuler," ucap Nining di Dinas Pariwisata Kulon Progo Kamis (28/11/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kulon Progo, Yudono Hindri Atmoko mengatakan, dari empat destinasi di DIY yang masuk nominasi API 2019, hanya Pule Payung yang meraih juara pertama.

"Pasca diberikannya penghargaan ini, kami melihat ada peningkatan kunjungan wisatawan di Pule Payung. Hal ini sesuai harapan kami" tutur Yudono.

Menurutnya, Penghargaan untuk Pule Payung ini akan memberi dampak pada popularitas obyek wisata lain di Kulon Progo, utamanya dalam menyikapi adanya bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur serta Bedah Menoreh yang menghubungkan bandara YIA dengan Candi Borobudur.

"Pada saat ini, di Kulon Progo ada 38 detinasi wisata baru yang bermunculan. Dengan peran sebagai penyangga KSPN Borobudur, maka pariwisata Kulon Proigo harus disiapkan dengan baik dan dikembangkan bersama," ucap Yudono.

  • Tentang Penulis

    Harun Susanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00