• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Bawaslu Kulon Progo Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

28 November
20:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kulon Progo : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo melaksanakan Rapat Koordinasi evaluasi penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 di salah satu Hotel di Kecamatan Wates, Kamis (28/11/2019). Acara tersebut, diikuti oleh segenap pemangku kepentingan di Kulon Progo, seperti dari partai politik, Organisasi Perangkat Daerah terkait, pemerintahan desa, hingga perguruan tinggi.


Ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Harlinawati mengatakan evaluasi terhadap gelaran Pemilu Serentak 2019 penting dilakukan, agar pemilu dan pilkada ke depannya bisa berjalan lebih baik. Saran ataupun masukan dari peserta rapat diperlukan, agar pelaksanaan pemilu kedepannya bisa lebih optimal. 

Salah satu yang jadi pembahasan dalam rapat koordinasi tersebut adalah tentang sosialisasi. Sosialisasi dinilai menjadi hal paling efektif dalam upaya pencegahan pelanggaran, yang dilaksanakan melalui forum warga dan media lain.

"Kami berupaya menguatkan sosialisasi kedepanya, seperti  dengan membuat video pendek, yang merupakan saran dari peserta. Kami sudah memiliki media sosial dan website, cuma memang rencana membuat video belum terlaksana," ucap Ria di Kulon Progo kamis (28/11/2019).


Ria menambahkan, pihaknya berencana akan memilih salah satu tokoh ikonik, dalam mensosialisasikan ketugasan Bawaslu di Pemilu. Edukasi dan sosialisasi dirasakan bisa tetap berjalan secara optimal, mengingat bawaslu Kulon Progo tidak sedang melaksanakan pelaksanaan pengawasan di tahun 2020.


Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulon Progo, Tri Mulatsih, mengatakan, kegiatan evaluasi pemilu penting untuk melihat penilaian dari berbagai pihak.


"Sama seperti Bawaslu, KPU Kulon Progo juga sudah melakukan evaluasi internal," tutur Tri Mulatsih.

Dia menambahkan, hasil dari evaluasi tersebut kemudian dipaparkan pada rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilu 2019, dengan tujuan agar mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

Sementara itu, salah seorang peserta  Yoverida mengatakan, Bawaslu Kulon Progo bekerjasama dengan Gakkumdu sudah melaksanakan ketugasannya dengan baik. 

"Kedepannya harapannya akan lebih baik lagi, dan lebih solid lagi," pungkasnya. (Hrn/yyw).

  • Tentang Penulis

    Harun Susanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00