• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Taruna Akmil Magelang, Latihan Praja Bhakti di Sleman

29 November
09:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Ratusan Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang tingkat II dan  III mengikuti latihan Praja Bhakti di Sleman.

Wakil Gubernur Akademi Militer Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, usai upacara pembukaan latihan praja bhakti di lapangan Desa Selomartani Kalasan Sleman, Kamis (28/11/2019) mengatakan, latihan dilaksanakan mulai 28 November hingga 3 Desember 2019 di wilayah Kabupaten Sleman.

"Kegiatan tersebut diantaranya operasi bhakti, pembinaan ketahanan wilayah, wawasan kebangsaan, pramuka, komunikasi sosial, membuat talut, jalan, Poskampling, sarana olahraga dan lainnnya," jelas Wirana Prasetya Budi.

Dikatakannya, latihan Praja Bhakti memilih di Kabupaten Sleman karena dulu ada sejarah terkait dengan Akademi Militer.

"Di desa Selomartani terkenal dengan pelataran, sedangkan pelataran dulu  tempat pertempuran antara Belanda dengan Taruna dan pada saat itu ada 7 taruna yang gugur dalam pertempuran tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Akmil Brigadir Jendral TNI Wirana Prasetya Budi mengatakan, selain itu di desa Selomartani akan dibuka desa wisata Pertempuran agar bisa mengenal sejarah tentang pertempuran Belanda dengan pihak gerilya yang ada di Selomartani. Harapannya desa wisata Selomartani ke depan bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih dan mengapresiasi adanya latihan Praja Bhakti dari Akademi Militer di Sleman. Kegiatan itu bisa sebagai ajang untuk berlatih dan mempraktekan ilmu yang diperoleh di Akademi Militer kepada masyarakat di Sleman sehingga bisa mengangkat destinasi baru yang ada di Selomartani yaitu obyek wisata sejarahnya. (yon/mrt)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00