• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Warga Sambut Baik Ujicoba Semi Pedestrian Malioboro

19 November
16:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Pelaku usaha di Malioboro, pedagang kaku lima, kuliner, penyedia jasa transportasi wisata, pengemudi becak, andong menyambut baik ujicoba semi pedestrian Malioboro bebas dari kendaraan bermotor Selasa Pon hari ini, (19/11/2019).

Pedagang Kaki Lima lesehan Malioboro di depan DPRD DIY, Andi Yuliyanto Selasa siang (19/11/2019) mengatakan, tidak ada dampak yang ia rasakan akibat penutupan akses kendaraan bermotor di Jalan Malioboro Selasa ini.

Pada musim ini, memang tidak banyak wisatawan berkunjung, sehingga penjualan relatif lebih sepi.

Pihaknya hanya memikirkan akses membawa barang saat pergantian shift jualan PKL sekitar pukul 16.00 sore.

"Perbedaaannya sih gak begitu terasa sih, pas uji coba pas sepi. Jadi ya gini-gini saja, gak gimana-gimana sama saja. Kalau saya mungkin saya ngedropnya pake sepeda bisa, kan ga mungkin semua masaknya disini," ujar Andi Yuliyanto.

Sementara itu, pengemudi andong di depan Hotel Inna Malioboro, Acok Santosa dan Sugeng Prasojo, di depan Malioboro Mall mengaku lebih nyaman mengemudikan andong ketika jalan Malioboro bebas dari kendaraan bermotor.

Namun dari sisi kenaikan atau penurunan jumlah penumpang, penutupan Malioboro dari kendaraan bermotor, tidak terlalu berpengaruh. Keduanya berharap, ketika ke depan, Malioboro sebagai kawasan pedestrian diberlakukan, benar-benar berdampak pada peningkatan pendapatan pelaku usaha di Malioboro.

"Ngetemnya lebih enak, jalannya lebih leluasa. Cuma barangkali ini baru ujicoba, belum naik, mungkin orang kan baru menikmati kebebasan ini dari kendaraan bermesin terus jalan-jalan," jelas Acok Santosa.

Pengemudi becak di depan DPRD DIY, Ngadino asal Bantul merasa lebih beruntung dengan penutupan Malioboro dari kendaraan bermotor. Meski akses jasa angkutan kendaraan bermotor online masih ada disirip-sirip Malioboro, tidak adanya kendaraan bermotor di Malioboro, membuat Malioboro menjadi lebih lengang dan nyaman dilintasi. Sehingga minat masyarakat naik becak pun meningkat. Dalam waktu singkat dirinya sudah mendapatkan Dua penumpang.

"Sangat bagus disamping pejalan kaki nyaman, Malioboro gak begitu panas banyaknya kendaraan asapnya polusi udaranya santai-santai enak begini. Becak juga masih ada harapan la," ungkapnya.

Dishub DIY dan Dishub Kota Yogyakarta melakukan uji coba semi pedestrian Malioboro pada Selasa Pon hari ini dilakukan karena ujicoba semi pedestrian Seloso Wage dinilai sudah berubah fungsi menjadi kegiatan pertunjukan atraksi untuk menarik wisatawan. (wury/mrt)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00