• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Tol Jogja-Solo Lintasi 8 Kecamatan dan 20 Desa di Kabupaten Sleman

19 November
10:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Rencana pembangunan jalan tol Yogyakarta - Solo,  akan melintasi 8 kecamatan dan 20 desa di wilayah Kabupaten Sleman.  Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Kridho Suprayitno, dalam Sosialisasi  Perdana Rencana Pengadaan Tanah Pembangunan Tol Jogya - Solo di Pemkab Sleman, Senin (18/11/2019).  

Untuk wilayah Kecamatan Prambanan jalur tol akan melintasi desa Bokoharjo, Kecamatan Kalasan meliputi desa Tamanmartani, Desa Tirtomartani dan desa Purwomartani. Kecamatan Depok melewati desa Maguwoharjo Desa Caturtunggal dan desa Condongcatur.

Sementara untuk Kecamatan Ngaglik melewati desa Sariharjo, Kecamatan Mlati desa Sinduadi, Sendangadi, Tlogoadi dan Tirtoadi. Kecamatan Tempel melintasi Desa Banyurejo, Desa Tambakrejo, Sumberejo dan Kecamatan Seyegan melintasi Desa Margokaton, Margodadi dan Margomulyo.

Dalam sosialisasi yang merupakan tahap awal pembangnan jalan tol Jogja - Solo, Tim Pemda DIY juga memibagikan data hasil pemetaan yang dilakukan oleh tim persiapan DIY kepada Kepala Desa yang wilayahnya dilewati oleh proyek jalan tol untuk digunakan sebagai pendataan awal dan selanjutnya akan dilakukan konsultasi publlik ke desa-desa dengan mengundang warga yang terkena jalur tol.

"Tim persiapan ini dijadwalkan akan bekerja sampai bulan Februari 2020, sampai dengan keluarnya Ijin Penetapan Lokasi (IPL) dari Gubernur DIY," jelas Kridho.

Menanggapi tahap awal sosialisasi, Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Muslimatun menyambut baik, guna menyamakan persepsi di antara para pejabat Sleman, guna keberhasilan proyek pembangunan jalan tol ke depan. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menghilangkan isu-isu yang berkembang di masyarakat yang sumbernya tidak jelas dan justru membingungkan.  

"Untuk masyarakat juga perlu tahu adanya proyek jalan tol ini, sehingga mereka juga diharapkan turut mendukung pelaksanaan proyek.” ujarnya.

Sosialisasi perdana Rencana Pengadaan Tanah untuk pembangunan jalan tol Yogyakarta - Solo, dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Provinsi DIY Drs. Krido Suprayitno serta Wijayanto Kepala PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Jogja - Solo, jajaran Dispertaru DIY, Dinas Perhubungan DIY, Dinas Pertanian DIY serta tim dari Provinsi DIY. Sekda Sleman Sumadi, SH, MH juga ikut mendampingi dalam kegiatan ini beserta jajaran Assekda serta SKPD Kabupaten Sleman camat dan Kades terdampak. (koes/mrt/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Sumarti

    Admin RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00