• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tunggakan BPJS di 34 RS di DIY Tembus Setengah Trilyun

14 November
15:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Sejumlah rumah sakit pemerintah maupun swasta di DIY mengeluhkan belum dibayarkannya klaim BPJS Kesehatan ke rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg Pembayun Setyaning Astutie usai menghadiri rapat kerja Pansus Pengawasan terhadap kebijakan Kesehatan DIY di Ruang Rapat Paripurna DPRD DIY Kamis siang (14/11/2019) mengatakan, dari 78 rumah sakit pemerintah dan swasta di DIY, separuh diantaranya atau 34 rumah sakit mengeluhkan belum dibayarkannya tunggakan klaim BPJS.

Tunggakan klaim BPJS yang belum dibayarkan ke-34 rumah sakit mencapai 564,5 milliar rupiah, atau setengah trilliun rupiah lebih. Tunggakan terbesar di RSUP Dr Sarjito yang merupakan RS Rujukan Nasional yang dari Juli sampai September mencapai Rp197 milyar.

"Kami yang di Dinkes itu sebagai regulator sebenarnya kan juga melindungi temen-temen di RS tapi juga mendudukan temen-temen di RS itu mbok yang bener yang lebih baik. Ini total 78 RS 34 yang melapor itu sampai bulan November itu, sebesar 564 milyar 598 juta 576 ribu 855," ujar drg. Pemnbayun.

Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembayun Setyaning Astutie menambahkan, pihaknya berharap BPJS segera membayarkan tunggakan klaim agar rumah sakit tetap dapat beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

"BPJS harus memahami kesulitan RS, sehingga kita berharap  bahwa klaim pending sekian bulan berilah berapa persen ke rumah sakit agar rumah sakit bisa operasional," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Wates, dr Lies Indriyati mengatakan, tunggakan klaim BPJS yang belum dibayarkan di RSUD Wates sebesar Rp19,4 milliar rupiah.

Guna menutup sementara kebutuhan pembiayaan pihaknya bekerjasama dengan bank BUMN untuk mengambil dana talangan, sehingga operasional pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. Hanya saja, Lies menilai seharusnya BPJS yang mengupayakan dana talangan untuk membayar klaim bukan rumah sakit, karena yang memiliki tanggungan pembayaran adalah BPJS. (wury/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00