• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Politeknik Kesehatan Yogyakarta Menggelar Pengembangan Program Sekolah Sehat Generasi Kuat

9 November
18:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Politeknik Kesehatan Yogyakarta bekerjasama dengan The South East Asian Ministers of Education Organization - Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON); The Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ); Pusat Unggulan Intitusi (PUI); Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam rangka pengembangan sekolah model program gizi untuk prestasi bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten, dengan tema "Sekolah Sehat Generasi Kuat", pada tanggal 4-7 November 2019, di Aula SMP Negeri 6 Klaten.

Sebagai suatu institusi pendidikan, sekolah mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam upaya promosi kesehatan. Didalam tatanan pelayanan kesehatan, guru secara langsung berhubungan dengan Promosi kesehatan di sekolah yang merupakan suatu upaya untuk menciptakan sekolah menjadi suatu komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui 3 kegiatan utama;

1.Penciptaan lingkungan sekolah yang sehat; Pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah; serta  Upaya pendidikan yang berkesinambungan; Ketiga kegiatan tersebut dikenal dengan istilah Trias UKS.

2.Didalam pelatihan tersebut utk menguatkan Program UKS di sekolah sebanyak 13 dosen, serta melibatkan mahasiswa Poltekkes Yogyakarta yang berasal dari ke-6 Jurusan.

3.Analis Kesehatan (TLM), Gizi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan dan Keperawatan Gigi, bersinergi dalam kegiatan pengabdian masyarakat menyumbangkan keilmuannya bagi guru sesuai keilmuan dari masing-masing Jurusan utk dpt diimplementasikan oleh guru di sekolah.

“Kegiatan ini juga menghasilkan 13 Rencana Ajar Edukasi Kesehatan pada siswa yg dibuat oleh peserta, serta komitmen masing-masing sekolah dalam rangka melakukan rencana tindak lanjut pasca pelatihan,” Ungkap Dr.Iswanto, S.Pd,M.Kes dari Politeknik Kesehatan Yogyakarta.(ugik/ryt)

  • Tentang Penulis

    Ugik Sugianto

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Riyanto

    Reporter RRI Yogyakarta&amp;lt;br /&amp;gt;&amp;lt;br /&amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00