• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

Letusan Awan Panas Tinggi 1.500 Meter, Kembali Terjadi di Gunung Merapi

9 November
08:38 2019
0 Votes (0)

KBRN,Sleman: Gunung Merapi di Sleman Yogyakarta Sabtu (09/11/190, kembali menyemburkan awan panas setinggi 1500 meter. Letusan Awan Panas Merapi berdasarkan informasi dari BPPTKG yogyakarta, terjadi pukul 06:21 WIB. Awanpanas letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max. 65 mm dan durasi ± 160 detik. Terpantau kolom letusan setinggi 1.500 m dari puncak condong ke Barat. 

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan, dampak dari letusan Awan Panas tidak sampai mengakibatkan hujan abu. “ Dari pantauan kesejumlah wilayah yang berada di wilayah selatan hingga tenggara Merapi, seperti  Kalitengah lor dan Kaliadem Cangkringan, Kaliurang dan Turgo Pakem maupun Tunggularum Turi, tidak terjadi hujan abu, bahkan situasi tetap aman terkendali ” Ujarnya.

Untuk status Merapi, berdasar rekoemndasi dari BPPTKG yogyakarta, menurut Makwan, masih tetap dalam level Waspada Level Dua. Aktivitas masyarakat dikawasan rawan bahaya tiga Merapi saat ini tetap normal.  “ Fokus pengamanan wilayah terlarang Merapi masih ditetapkan pada radius tiga kilometer dari Puncak Merapi “ tambahnya.

Dalam status waspada Merapi level dua saat ini, Makwan juga mengingatkan, masyarakat mewaspadai bahaya sekunder Merapi.  “ Karena memasuki musim hujan ini jika terjadi hujan lebat di puncak Merapi dapat mengakibatkan banjir lahar, terutama pada sejumlah Sungai yang Berhulu ke Gunung Merapi, “ pungkasnya (kus/ian)

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Dyan

    Reporter RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

00:00:00 / 00:00:00