• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kantor Polisi Ternyata Tak Menyeramkan

8 November
17:22 2019
1 Votes (4)

KBRN, Yogyakarta : Sebagai sosok pahlawan yang sering digambarkan hebat dalam menangkap penjahat, kantor kepolisian mungkin saja dianggap seram dalam benak anak-anak. Seperti dalam film di layar kaca, kantor polisi ‘hanya’ berisi penjahat yang berhasil dibekuk aparat.

Namun kesan itu langsung terhapus ketika puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Raudhatul Athfal Ma’arif Dukuh Candran Desa Sidoarum Kecamatan Godean Kabupaten Sleman berkunjung ke Mapolda DIY, Jumat (8/11/2019) pagi. Kunjungan ke Mapolda DIY tersebut merupakan salah satu program yang dicanangkan pihak kepolisian yaitu "Polisi Sahabat Anak".

Puluhan anak-anak Itu tampak riang saat diberi kesempatan bercengkerama dengan petugas kepolisian. Mereka  mendapat pengetahuan tentang fungsi kepolisian secara luas serta pengenalan Alat Penunjuk Isyarat Lalu Lintas (APILL) oleh personel Sub Direktorat Pembinaan Penyuluhan dan Sosial (Subdit Bintibsos) Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda DIY.

Riang dan tawa canda menghiasi wajah murid-murid Raudhatul Athfal Ma’arif. Marfu’ah, salah satu guru yang mendampingi para murid menyebutkan dengan kunjungan ke Mapolda DIY, rasa penasaran dan keingintahuan anak-anak tentang tugas-tugas kepolisian dapat terpenuhi. Kunjungan itu juga menghapus stigma kantor polisi yang ‘menyeramkan’.

"Ke depan supaya anak-anak lebih mengenal lagi profesi polisi, lebih cinta lagi (profesi) polisi, pengenalan  bukan di tempat ini saja dan nanti mungkin bisa mengenal mobil-mobil polisi itu seperti apa dan seragam polisi seperti apa," harapannya.

Sementara itu, anggota Direktorat Binmas Polda DIY Aiptu Saptanti Barorowati SH, kepada awak media  mengatakan, program Polisi Sahabat Anak merupakan salah satu upaya yang dilakukan Dit Binmas Polda DIY dalam pembentukan karakter anak sejak usia dini.

"Kita melaksanakan pengenalan sedini mungkin agar anak-anak mulai dari usia belia sudah bisa belajar tertib berlalu lintas. Seperti contohnya tadi, kita lakukan pengenalan rambu lalu lintas, belajar tertib berlalu lintas, pertunjukan Sulap dari Bagian Psikologi Polda DIY. Dan materi cinta tanah air," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, puluhan murid TK Ma'arif Candran juga diajak mengelilingi Mapolda DIY, dan diberikan pengenalan macam macam kendaraan operasional kepolisian. (ros/yyw) 

  • Tentang Penulis

    Rosihan Anwar

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00