• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni Budaya

Yu Beruk, Yakin Bisa Hidup dari Kethoprak

7 November
19:25 2019
3 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Yustiningsih ”Yu Beruk” sebagai seniman kawakan sekaligus komedian wanita dari Yogyakarta, berpesan kepada anak-anak muda yang menggeluti kethoprak, agar betul-betul totalitas saat memainkan peran di atas panggung.

Pesan yang disampaikannya ini, sebagai bentuk rasa gembira sekaligus kebanggaan, saat menyaksikan langsung potensi-potensi seniman muda, yang berkompetisi dalam Festival Kethoprak tingkat Kota Yogyakarta, bertempat di Auditorium RRI Jalan Affandi Gejayan, Kamis (7/11/2019).

”Kalau total untuk menjalani, saya kira akan mendapat keberuntungan dalam pementasan itu,” ungkap wanita yang kini berusia 70 tahun itu.

Pengalaman Yu Beruk yang sudah berkecimpung di dunia kethoprak sejak usia 14 tahun sampai saat ini, layak diapresiasi serta dijadikan panutan generasi muda, yang ingin menjalani profesi serupa. Ia pun menekankan, agar keyakinan kuat menjadi pegangan seorang seniman kethoprak.

"Saya lewat kethoprak bisa hidup dan membiayai sekolah delapan anak saya, tetapi mereka tidak lantas mengikuti jejak orang tua, cuma semuanya senang," kata seniman yang pensiun dari RRI tahun 2009.

Ia pun mendukung langkah Pemerintah Kota Yogyakarta yang mendukung dan mencari generasi muda untuk regenerasi seniman kethoprak, agar kesenian ini ke depan bisa tetap lestari.

"Karena icon jogja adalah kethoprak, dari dulu, kalau itu sampai punah eman-eman sekali, karena orang2 jawa di luar negeri sudah berpuluh tahun, kalau datang ke jogja pasti tanya kethoprak," kata dia.

Kepala Bidang Adat, Seni dan Tradisi, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Mukti Wulandari saat membuka Festival Kethoprak pada tanggal 4 November lalu, menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini.

”Kegiatan ini bisa berlangsung, atas kerjasama dengan RRI Yogyakarta, juga dalam rangka mengembangkan, meningkatkan dan melestarikan budaya agar tidak terhapus seiring berjalannya waktu,” ungkapnya.

Festival Kethoprak Kota Yogyakarta yang dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 8 November 2019, diikuti peserta perwakilan dari 14 kecamatan. (ws/ryt)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00