• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Sultan HB X Dukung Perampingan Pejabat Eselon

6 November
15:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung rencana perampingan pejabat Eselon.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X usai melantik Kadarmanta Baskara Aji menjadi Sekda DIY di Kepatihan Yogyakarta Rabu siang, (06/11/2019) mengatakan, Pemda DIY tidak mempermasalahkan rencana perampingan pejabat eselon. Pemda DIY justru menyambut positif, rencana pengalihan pejabat eselon ke Fungsional.

Sri Sultan menyebut, sebenarnya Pemda DIY sudah lama mengusulkan sistem itu, karena lebih memudahkan penilaian kinerja dan leadership dibanding jika sistem struktural. Sementara terkait pelaksanaan, masih menunggu petunjuk pusat.

"Gak ada masalah paling kan ke fungsional. Fungsional kan lebih bagus kita usul sudah lama. Struktural kita menilai leadership susah. Fungsional itu individual itu dinilai leadership akan berjalan. Biarpun sudah jalan selama struktural begini kan tetep kabur sulit, terserah pimpinan, eselonisasi itu harapan  tidak dirugikan jadi fungsional kemudahan bisa dinilai dan saat ini masih tungu petunjuk," ungkap Sultan.

Sebelumnya, MENPAN RB Tjahjo Kumolo usai memberi pengarahaan AKIP di Kepatihan Yogyakarta Senin lalu, (05/11) mengatakan, Kementeriannya akan menjadi pihak yang memulai penyederhanaan eselonisasi, dan ditargetkan pertengahan bulan November ini selesai.

Sedangkan untuk penyederhanaan eselonisasi di Kementerian/Lembaga lain serta pemerintah daerah, akan dilakukan sesuai proses. Tjahjo menegaskan, tujuan utama perampingan pejabat struktural eselon hanya untuk mempercepat reformasi birokrasi.  

Tunjangan dan fasilitas bagi pejabat struktural yang dialihkan ke pejabat fungsional tidak berubah, karena tetap mendapat tunjangan fungsional.

"Upaya lebih efektif, efisien, mempercepat reformasi birokrasi, kemudian memberikan percepatan pelayanan publik dan mempercepat proses perizinan investasi," jelas Tjahyo Kumolo.

Terpisah, Mantan Sekda DIY, Gatot Saptadi mengingatkan Sekda baru untuk mengantisipasi dinamika kelembagaan, perubahan eselonisasi, kekurangan pejabat di tahun 2020 dan kaderisasi pejabat. (wury/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00