• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Bencana Alam

BMKG : Waspadai Angin Kencang dan Hujan Lebat Singkat

5 November
15:44 2019
2 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas memprediksi, awal musim hujan di Kabupaten Bantul berlangsung pada pertengahan bulan November ini.

Tetapi, pada masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan yang tengah berlangsung, warga Bantul perlu mewaspadai potensi angin kencang disertai hujan lebat berdurasi singkat, yang bisa memicu insiden pohon tumbang.

”Khusus untuk angin kencang bisa merobohkan pepohonan dan baliho, bahkan bisa membuat atap rumah tersingkap,” ucapnya di Bantul, Selasa (5/11/2019).

Reni juga menghimbau, agar masyarakat bisa mengupdate informasi resmi tentang perkembangan cuaca dari media sosial BMKG Yogyakarta, sehingga bisa segera mengambil tindakan jika terjadi situasi darurat.

”Tetap update informasi resmi BMKG, sehingga ketika terjadi bencana, atau ada informasi hujan lebat masyarakat agar segera mengungsi dan berkoordinasi dengan lembaga terkait," imbuhnya.

Sedangkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Dwi Daryanto, berupaya menyiapkan sarana dan prasarana mitigasi bencana yang ada di masyarakat, menyikapi peralihan musim yang bisa memicu kejadian bencana.

”Oleh sebab itu kami berharap, semua informasi terkait sarpras yang dimiliki komitmen kita bersama, kita satu padukan sehingga menjadi sebuah kekuatan, untuk mengantisipasi banjir, longsor dan angin kencang,” terang dia.

Disamping itu, BPBD Bantul juga sudah menyampaikan surat edaran ke pemerintah desa yang isinya himbauan kewaspadaan dini, mengantisipasi potensi bencana akibat peralihan musim. (ws/yyw) 

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00