• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Deteksi dan Cegah Konflik, Sleman Andalkan "SIDENI".

1 November
08:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Badan Kesbangpol Kabuaten Sleman, meluncurkan Sistem Aplikasi 'SIDENI' (Sistem Informasi Deteksni Dini). 

Melalui aplikasi tersebut jejaring Reksa Desa, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat mengirimkan informasi kejadian di wilayahnya. Sehingga jika diperlukan respon cepat dan pengambilan keputusan oleh pemangku kepentingan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Dwi Kurianto, di kantorya, Jumat (01/11/19) mengatakan, aplikasi tersebut telah di lounching Bupati Sleman Sri Purnomo di Pendopo Rumah Dinas Beran, Kamis (31/10/2019).     

"Aplikasi ini tidak bisa dimanfaatkan masyarakat umum, terkait konten informasinya bersifat rahasia dan terbatas, sehingga yang dapat melakukan akses hanya stakeholder yang terkait dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta jejaring Reksa Desa," jelas Hery Dwi Kurianto.

Aplikasi Sideni tersebut, dijelaskan Hery, bagi Sleman sangat penting. Terlebih jika melihat kondisi perubahan kondisi sosial, politik, ekonomi maupun sosial budaya di Sleman sangat berpotensi menimbulkan konflik sosial di masyarakat. Karena itu, diperlukan system penanganan secara cepat dan tepat.

Sementara ketika meluncurkan Aplikasi 'Sideni', Bupati Sri Purnomo mengharapkan agar setiap peristiwa yang terjadi dapat langsung diketahui oleh para pemangku kepentingan sekaligus para pemangku kewenangan, sehingga apabila diperlukan respons cepat, para pemangku kewenangan dapat mengambil kebijakan yang cepat, tepat dan akurat. (koes/mrt/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Sumarti

    Admin RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00