• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Menteri di Kabinet Jokowi Harus Kredibel Agar Kepercayaan Investor Bangkit

23 October
15:03 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hilman Tisnawan, memiliki optimisme terhadap kondisi perekonomian, setelah Presiden Joko Widodo melantik para menteri di jajaran kabinet periode 2019-2024.

Ia mengakui, gejolak politik yang terjadi setelah Pemilu kemarin, sempat mempengaruhi iklim investasi nasional, karena para pengusaha masih menunggu stabilnya situasi politik dan keamanan negara.

Tetapi menurut Hilman, jika para menteri yang baru saja dilantik presiden, memiliki kredibilitas sesuai jabatan yang mereka tempati, maka tidak menutup kemungkinan, hal itu bisa mengembalikan kepercayaan investor.

”Karena yang namanya pengusaha itu kan, hitunganya kalkulasi antara bisnis dan keamanan, kan gitu kan ya, nah misalkan nanti menteri-menterinya yang dipilih kredibel akan mendorong pengusaha berinvestasi,” kata Hilman di Yogyakarta, Rabu (23/10/2019).

Rasa optimis Hilman ini didasari fakta yang ia lihat, seperti munculnya figur-figur baru di kabinet presiden, salah satunya dari kalangan pengusaha media. Hal itu, memberikan sentimen yang sangat positif di bursa saham.

”Sentimen seperti itu kan ada, ya kita tunggu lah, ekonomi dan politik itu kan seperti dua sisi yang sangat erat gitu ya, para pengusaha pasti melihat itu,” lanjut dia.

Khusus untuk situasi perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga kini kata Hilman, terpantau masih cukup stabil, karena ditopang masifnya pembangunan infrastruktur nasional seperti bandara, dan terkait rencana pembangunan jalan tol. (ws/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00