• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Pameran Perpustakaan dan Kearsipan Tampilkan 40 Arsip Foto HUT 200 Kota Yogya

22 October
19:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Sekitar 40 arsip foto peringatan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-200 dan koleksi buku-buku tentang Yogyakarta ditampilkan pada pameran Perpustakaan dan Kearsipan di halaman depan Pevita Perpustakaan Alternatif Yogyakarta, memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-263 Kota yang digelar mulai Selasa-Rabu (22-23/10/2019), di Jalan Mayjend Sutoyo nomor 32 Yogyakarta.

Walikota Haryadi Suyuti mengatakan, pameran yang digelar dalam memerirahkan Hari Ulang Tahun ke263 Kota , memunculkan arsip foto dan dokumen perayaan HUT Kota ke-200 Kota Yogyakarta diharapkan mendapat perhatian masyarakat untuk dikunjungi.

"Semoga kegiatan ini bisa ramai dikunjungi masyarakat untuk mencari ilmu, reverensi apasaja yang menjadi bagian kegiatan kita untuk menambah pengetahuan," katanya, Selasa (22/10/2019).

Haryadi menjelaskan, Perpustakaan dan pendidikan merupakan sesuatu hal yang saling berhubungan, sehingga di tengah kemajuan Digital yang terus berkembang, budaya membaca harus tetap menjadi gaya hidup masyarakat. 

"Pendidikan membutuhkan perpustakaan dan arsip, karena di tengah serunya masyarakat digital jangan sampai bahwa kegiatan membaca menjadi gaya hidup kita ini bisa menjadi kurang," jelasnya.

Menurutnya, dokumen memiliki makna penting dalam menjadi reverensi kebijakan, karena kebijakan diambil atas dasar hal yang masa lalu atau yang sudah dilakukan, yang sedang dilakukan serta yang akan dilakukan.

"Salah satunya reverensi ini bisa diperoleh dari arsip. Jadi arsip ini bukan hanya yang sudah lewat, tapi kearsipan ini juga bisa memberikan fungsi pembelajaran, fungsi dasar pengambilan keputusan bagi teman-teman di OPD maupun di masyarakat untuk  yang akan kita lakukan di masa-masa yang akan datang," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, selain dari kluster kearsipan berupa arsip-arsip dan dokumen lama tentang Kota Yogyakarta, di antaranya foto-foto perayaan HUT Kota Yogyakarta pada tahun 1950-an dan dokumen sejarah perumahan di Kota Yogyakarta tahun 1950-an, juga ditampilkan kluster perpustakaan pameran di PEVITA ini menampilkan inovasi LESTARI (Lesehan Literasi Jogja Istimewa), MONIKA (Mobil Internet Kewilayahan) dan Belinda (Blind Corner untuk Anda).

"Karena bulan-bulan ini kita memperingati HUT ke 263 Kota Yogyakarta, kita coba mengeluarkan suasana HUT Kota yang ke-200 tahun 1956, dan sisi perpustakaan kita mencoba mengeluarkan satu inovasi layanan lagi yaitu LESTARI lesehan literasi Jogja Istimewa yang memberi fasilitas internet gratis dan majalah koran terbitan berkala terbaru dalam suasana lesehan," ujarnya.

Salah satu koleksi foto yang menarik disebutkan Wahyu ada pada koleksi kegiatan pameran pembangunan yang diikuti peserta dari luar negeri seperti Uni Soviet.

"Foto fisik yang ditampilkan sudah diperbesar dan dilengkapi captionnya, disitu juga ditemukan juga bahwa kota Yogyakarta pernah punya Balaikota di komplek Puro Pakualaman," ungkapnya.

Selain penampilan dari kluster perpustakaan dan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, juga menggandeng toko buku untuk menggelar pameran buku pada pameran perpustakaan dan kearsipan tahun 2019. (ian/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00