• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Membentuk Santri yang Berkualitas

22 October
19:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren di Yogyakarta menghadiri peringatan tersebut di Lapangan Denggung Sleman.

Pondok Pesantren As-Sulaimaniyah yang diikuti oleh 23 santri dan santriwati menjadi salah satu peserta dalam peringatan hari santri tersebut.

Pondok pesantren yang berdiri sejak 1994 tersebut, menggunakan kurikulum kitab kuning serta Tahfidz Qur’an sebagai kurikulum yang diterapkan. Melalui hal tersebut diharapkan para santri tidak hanya mendapat nilai-nilai agamis, tetapi juga nilai-nilai humanis dari kitab kuning yang diterapkan.

“Kita mengisi kemerdekaan dengan cara belajar ngaji dan memanfaatkan waktu, sampai sehingga kita menjadi orang yang sukses, kita jangan lupa sejarah untuk orang-orang dahulu,” jelas Muhammad Budi Sulaiman sebagai tenaga pendidik di Pondok Pesantren As-Sulaimaniyah.

Sementara dari kalangan santri, mereka menjadikan pondok pesantren tidak hanya sebagai tempat belajar agama, tetapi juga belajar bagaimana hidup dalam berkelompok.

“Hidup dipesantren ada enak ada engganya, kaya ngumpul bareng, makan bareng, semua yang bareng-bareng gitu. Ngga senengnya deadline hafalan kadang suka buru-buru,” kata Hikari, kepada RRI.

Hari santri nasional juga dijadikan momentum bagi para santri untuk menjaga nilai-nilai keagamaan serta kebangsaan.

“Tunjukkan bahwasannya santri itu mempesona, dalam tutur kata maupun berperilaku,” papar Alib Aditya. (nadya/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00