• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Merasakan Keseruan Fashion Show di Tengah Hamparan Teh

21 October
06:35 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kulon Progo : Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kulon Progo dan sejumlah pimpinan lainnya, menjadi peragawati dadakan, dalam acara 'Nglinggo Uniquely 2 Fashion High Tea 2019', di kawasan Kebuh Teh Nglinggo, Minggu (20/10/2019).

Mereka antara lain Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bagian Rumah Tangga Setda Kulon Progo, dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan serta sejumlah pimpinan lainnya, mengenakan busana batik geblek renteng, dengan latar belakang pemandangan kebun teh Nglinggo.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Niken Probo Laras mengatakan Nglinggo Uniquely 2 Fashion High Tea 2019, merupakan ajang promosi wisata Nglinggo sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Acara ini juga menjadi ajang demi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara di DIY, seiring dengan adanya Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Apalagi, bandara di Kulon Progo ini ditargetkan, mampu meraih kunjungan wisatawan mancanegara minimal 2 juta orang, dan Kulon Progo menjadi kawasan penyangganya.

Dijelaskannya, lokasi Desa Nglinggo dilewati jalur bedah Menoreh, yang menghubungkan Bandara dengan KSPN  Borobudur. Hal inilah yang menjadikan Nglinggo perlu dikemas dan dipromosikan agar banyak wisatawan yang singgah.

"Nglinggo memiliki banyak atraksi wisata, ada trecking, kuliner khas hingga pemadangan kebun teh," ujar Niken di Kulon Progo.

Dia menuturkan, selain fashion show, Nglinggo Uniquely 2 Fashion High Tea 2019 juga dimeriahkan Tari Lengger Tapeng yang dilanjutkan dengan prosesi minum teh ala Nglinggo. Kegiatan ini dinilai unik, karena menggunakan teh asli Nglinggo, alat takar teh dan sendok dari kayu, Poci khusus, dan gula jawa yang harus dikunyah sebelum meminum teh.

Sementara itu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Setda Kulonprogo  Bambang Tri Budi Harsono mengharapkan, acara Nglinggo Uniquely 2 mampu menjadi agenda rutin di Kulon Progo sehingga bermanfaat bagi masyarakat Kulon Progo.

"OPD terkait dan pelaku wisata, harus dapat berbenah dengan adanya Bandara. Bisa dengan kolaborasi, misal Nglinggo dikolaborasikan antara pertanian dan wisata," ujarnya.

Bambang menambahkan, fungsi konservasi, produksi, edukasi dan wisata diharapkan bisa saling mendukung. Peran berbagai komponen sebaiknya juga dicoba untuk ditingkatkan. (hrn/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00