• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Grebek Pasar ke-7 Tahun 2019

20 October
17:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Antusias masyarakat kota Yogyakarta memperebutkan puluhan gunungan yang terdiri dari komoditi pasar dari 30 pasar di Kota Yogyakarta yang bertajuk Grebek pasar bertema Drop-dropan bakul pasar tahun 2019.

Gerebek pasar ke Tujuh tahun 2019 yang diikuti sekitar dua ribu pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta yang terbagi menjadi 31 kontingen berbusana karakter wayang dan membawa gunungan sesuai dengan komoditi pasar masing-masing kontingen diarak mulai dari Pasar Sentul hingga Balaikota Yogyakarta, Sabtu (19/10/2019).

Kepala bidang Pengembangan, Pendapatan, dan Pengelolaan Pasar (P2P), Disperindag Kota Yogyakarta Gunawan Nugroho Utomo mengatakan, Gerebeg pasar yang digelar rutin setiap tahun di Kota Yogyakarta merupakan salah satu upaya promosi pasar tradisional yang sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya Jawa.

"Gerebek pasar selain agenda rutin juga masih rangkaian HUT kota yang ke 263, wujud syukur dari teman-teman pedagang pasar harapannya bisa memberi warna baru bagi promosi pasar tradisional itu sendiri, agar tetap eksis di tengah maraknya pasar modern," katanya.

Gunawan menambahkan, mengangkat konsep pisowanan Anoman Grebeg pasa tahun 2019 sebagai rangkaian HUT ke 263 Kota Yogyakarta menjadi sarana ekspresi berkesenian dari para pedagang dengan kreasi tari-tarian dari masing-masing kontingen.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi antusias masyarakat serta para pedagang pasar tradisional Kota Yogyakarta, pihaknya juga berharap pasar tradisional dapat berkembang ditengah teknologi yang terus berkembang saat ini.

"Maju terus pasar tradisional kota Yogyakarta, dan sukses slalu untuk pasar tradisional Kota Yogyakarta," jelasnya.

Sementara pada Grebek pasar tahun 2019 Gunungan yang terdiri dari Komoditi pasar seperti gunungan batik dan konveksi dari Pasar Beringharjo Barat, rayahan ayam yang dibagikan kepada anak-anak dari pasar Terban, Gunungan tanaman dari pasar PASTY, gunungan buah-buahan dan sayuran dari pasar Giwangan diperebutkan di samping Kantor Walikota Yogyakarta jalan Ipda Tut Harsono Kota Yogyakarta.(ian/ryt).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00