• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni Budaya

Festival Pesona Lokal Hadirkan Keberagaman Budaya dan Kearifan Lokal Yogyakarta

19 October
18:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Yogyakarta oleh Adira  Finance  bekerjasama  dengan  Kementerian  Pariwisata dan RCTI, bertempat di Alun-alun Utara, menghadirkan berbagai ragam budaya dan kearifan lokal Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Ribuan pengunjung datang untuk merasakan sensasi pesona lokal mulai dari aneka kreasi kostum parade karnaval, tarian tradisional kontemporer, hingga kuliner dan produk khas daerah tersebut.

Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance menyatakan senang bahwa pihaknya dapat menggelar Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Yogyakarta menampilkan kekayaan budaya dan kearifan lokal

“Semoga kegiatan yang bertajuk Rasakan Sensasi Pesona Lokal ini semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan juga peran aktif kita semua untuk turut serta mempromosikannya,” kata Hafid.

Festival Pesona Lokal Yogyakarta 2019 dibuka oleh Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli beserta jajaran direksi Adira Finance, Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance Irfan Budianto, dan Chief Financial Officer Adira Insurance Meryati Bandjarnahor.

Kegiatan itu diisi dengan berbagai perlombaan dan  hiburan  untuk  masyarakat,  berlangsung  dari  pukul  14.00  hingga  21.00 wib, berhasil menarik sedikitnya 7500 pengunjung.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah Parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Karnaval menampilkan atraksi kekayaan budaya Yogyakarta dan juga Jawa Tengah, mulai dari  baju  adat,  musik  tradisional  hingga  pertunjukan  kesenian  khas,  Parade  Karnaval  Budaya  ini mengelilingi Alun-alun Utara untuk menghibur masyarakat.

Selain  Parade  Karnaval Budaya,  juga digelar Lomba Tari Lokal Kontemporer  yang  diikuti sekitar  100 peserta, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media desain topeng kayu dengan jumlah 30 peserta, dan Kompetisi ala Selebgram Lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung. Puncak dari kegiatan pada hari ini adalah penampilan dari Langit Sore dan Siti Badriah.

Tidak hanya sejumlah perlombaan yang dapat diikuti, para pengunjung juga disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Yogyakarta yang inovatif dan kreatif.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat,  pemerintah daerah baik  Provinsi maupun Kota Daerah Istimewa  Yogyakarta,  aparatur  setempat  dan  para  sponsor  serta  mitra  kerja  yang  telah mendukung dan membantu terselenggarakan kegiatan Festival Pesona Lokal dengan aman dan tertib. Semoga Festival Pesona Lokal dapat menjadi acara tahunan yang ikonik yang dapat menambah daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung,” tutup Hafid.

Selain Festival Pesona Lokal Jogja, dalam waktu bersamaan juga digelar Parade Merah Putih dari halaman DPRD DIY menyusuri jalan Malioboro, serta acara ‘Grebeg Pasar Jogja’ yang dimulai dari Pasar Sentul menuju Jalan Ipda Tut Harsono.

Banyaknya event bernuansa tradisional dan budaya tersebut membuat sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan, namun semua dapat terkendali berkat pengaturan dan kesigapanjajaran kepolisian. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00