• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Teknologi Digital Bisa Diandalkan untuk Populerkan Karya Musisi Baru

17 October
20:28 2019
2 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Dory Windiyanto sebagai musisi yang akrab disapa Dory Soekamti memandang, jika perkembangan teknologi informasi dan jaringan internet saat ini, memanjakan kreator musik untuk tetap bisa eksis, dan menyampaikan karyanya ke masyarakat luas.

Sehingga, dalam acara Sarasehan Musisi Jogja di Taman Budaya Yogyakarta, Kamis (17/10/2019), CEO Euforia Music Publisher, sekaligus gitaris Grup Musik Endank Soekamti itu sangat berharap, para musisi lokal agar selalu aktif dan produktif, melahirkan karya-karya berkualitas yang bisa diapresiasi para pecinta musik lewat dunia digital.

”Industri musik di Jogja menjadi salah satu pemain penting di permusikan nasional, saya punya acara radio online yang tidak pernah kehabisan bintang tamu dari Jogja, industri musik di Jogja seksi sekali, terutama di dunia digital data terakhir penduduk Indonesia mendengar musik streaming 72 menit sehari, ini jadi peluang,” kata dia.

Narasumber lainnya, Jurnalis Musik Yudha Kristiawan menyebut, jika kemajuan teknologi informasi memberi peluang tanpa batas, bagi banyak musisi baru untuk berkarya dan hasilnya dipopulerkan lewat media sosial. Secara langsung, menurut vokalis Grup Musik Yudha and The Remora ini, bisa membantu media massa memperoleh bahan informasi untuk diberitakan.

”Musisi sekarang sangat dimudahkan dengan akses informasi dan teknologi, jadi teman-teman pulang dari sini dapat inspirasi lagu bisa langsung bisa di take sendiri dengan biaya yang sangat murah sekali, senang media karena makin banyak individu yang berkarya,” ucapnya.

Sedangkan Mario Morada, selaku Music Director salah satu radio swasta di Yogyakarta mengakui, jika saat ini platform digital menjadi referensi kalangan pengelola radio siaran, untuk menentukan popularitas sebuah lagu, yang akan diputar untuk menghibur para pendengarnya.

”Memang kalau chat lagu itu dulu mungkin berdasarkan request dan sms itu bisa dijadikan acuan, bisa dimasukkan ke chat lagu ketika banyak orang tahu, dan saat ini memang eranya sudah bergeser tapi saya juga pantau radio lain juga dan digital juga jadi acuan saya,” terang dia.

Sementara itu, Heri Machan sebagai penyelenggara Sarasehan Musisi Jogja melihat, perkembangan musik dewasa ini sudah melampaui ekspektasi kreatif manusia, untuk mewujudkan gagasan mereka yang disajikan secara mutakhir, menyesuaikan perkembangan teknologi. (ws/yyw).  

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00