• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Menteri Eko Putro Sanjojo: Dana Desa Bantu Naikkan Pendapatan Masyarakat Desa Secara Signifikan

16 October
19:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjojo mengatakan, pembangunan di pedesaan memberikan peluang usaha yang besar di desa termasuk bagi UKKM.

Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, pembangunan wilayah pedesaan melalui pemberian dana desa untuk membangun infrastruktur di desa-desa telah memberikan kesempatan kegiatan ekonomi masyarakat. Hal itu telah mendorong pendapatan masyarakat desa dalam 4 tahun terakhir telah tumbuh diatas 40 persen.

Berbicara pada pembukaan Workshop dan Temu Bisnis Nasional UMKM ke2 di Graha Sabha Pramana kampus UGM, menteri Eko Putro Sanjojo menambahkan, kini wilayah pedesaan memberikan banyak peluang usaha termasuk bagi UMKM.  

“Pendapatan masyarakat desa dalam 4 tahun ini naiknya 43 persen dari 527.ribu per-kapita/bulan menjadi 804 ribu per-kapita/bulan. Tujuh tahun lagi diperkirakan pendapatan per-kapita masyarakat desa sudah 2-juta per-kapita/bulan. Sekarang penduduk desa 130-juta orang. Tujuh tahun lagi diperkirakan penduduk desa mencapai 150 juta orang, 150-juta dikallikan 2-juta,300-triliun rupiah/bulan,” kata  Menteri Eko Putro ketika menjadi pembicara kunci dihadapan para pelaku UMKM perwakilan dari seluruh Indonesia, Rabu (16/10/2019).

Selain meningkatnya pendapatan masyarakat desa, dana desa juga telah mampu menurunkan angka kemiskinan di desa, jauh lebih tinggi dibanding penurunan kemiskinan di perkotaan.

Menurut Menteri Desa, wilayah pedesaan kini juga memberi peluang besar bagi pengembangan UMKM. Pemerintah sendiri melalui kementerian perindustrian akan melibatkan UMKM dalam penyediaan komponnen untuk industri otomotif. Selama ini industri otomotif Indonesia belum bisa berkembang lebih dikarenakan banyak komponen yang harus diimpor.

“Penurunan angka kemiskinan di desa dalam 2 tahun ini juga turunnya lebih cepat daripada penurunan kemiskinan di kota, bahkan 2 kali lipat lebih besar. Jika tahun lalu terjadi penurunan kemiskinan 1,8 juta orang di Indonesia, di kota hanya 508 ribu di desa 1,2 juta,” kata Menteri Desa PDT dan Transmigrasi.

“Lalu industri otomotif kita akan dikembangkan dengan memasukkan UMKM kedalam supply-chains. Nah, itu akan memberikan banyak kesempatan kepada UMKM di desa-desa,” tambah Menteri.

Meskipun UMKM memiliki peluang yang besar untuk tumbuh terutama di wilayah pedesaan, menurut Menteri Desa, UMKM masih dihadapkan dengan banyak tantangan. Misalnya, permodalan yang terbatas, kurangnya invovasi produk termasuk disain dan pemanfaatan teknologi serta lemahnya jejaring dan pemasaran. Karena itu ia mendorong berbagai pihak memberikan dukungan yang diperlukan UMKM untuk bisa tumbuh lebih baik. (mun/joel/yyw).

  • Tentang Penulis

    Munarsih Sahana

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00