• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Pemdes Purwomartani Sleman Siap Gelar Penjaringan 3 Kadus

16 October
16:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Pemerintah Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman siap menggelar penjaringan tiga Kepala Dusun Kadus yang masih kosong.

Kepala Desa Purwomartani, Semiono mengatakan, terdapat tiga Kepala Dusun (Kadus) yang Kosong yakni karena dua kepala dusun sudah purnatugas dan satu kepala dusun mengundurkan diri karena tugas belajar.

“Maka dari Pihak Pemerintah Desa Purwomartani melakukan penjaringan kepala kadus tersebut sedangkan dari tiga kadus yang dilakukan penjaringan yakni Dusun Kadirejo Dua,Cupuwatu Dua dan Dusun Karangmojo, sedangkan  saat ini ada 8 bakal calon,” tandasnya, Rabu (16/10/2019).

Dikatakannya, sampai saat ini masih dalam tahap pendaftaran yakni perpanjangan selama 9 hari  hingga 23 Oktober khusus di Karangmojo karena  baru satu yang mengumpulkan berkas ke panitia.

“Ya memang yang mengambil berkas ada 6 orang karena minimal yang mendaftar harus ada dua orang yang dimulai pendaftaran pada  11 Oktober hingga 23 Oktober sampai pukul 14.00 WIB, sedangkan mulai pendaftaran awal tanggal 30 September-10 Oktober,” ungkapnya.

Ia berharap pelaksanaan penjaringan Kadus  bisa lancar kondusif,dan Kadus terpilh nanti siap menghadapai tantangan jaman,menyiapkan SDM yang mumpuni, berkwalitas dan bisa membawa kemajuan desa.

Sementara itu Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Purwomartani yang juga Ketua panitia Pengangkatan Perangkat Desa, Pinto Raharjo  mengatakan, sesuai dengan Perda nomor 10 tahun 2019 dalam penjaringan Kadus diwajibkan menggandeng perguruan tinggi di Jogja yang minimal terakreditasi B.

“Penetapan Bakal Calon akan diumumkan pada tanggal 28 oktober 2019, dan  ujian diperguruan tinggi  tanggal 31 Oktober, sedangkan materi tes meliputi  Bahasa indonesia, Undang-undang, Pancasila, peraturan daerah,  tes keterampilan baik pidato, memimpin rapat, tes komputer, wawancara dan tes psikologi.

Lebih lanjut, Pinto Raharjo juga menguraikan tentang syarat bagi balon Kadus di antaranya  harus mempunyai dukungan 15 persen dari warga setempat, Legalisir ijasah, fotokopi KTP,  membubuhkan lampiran dukungan dari masyarakat dan lainnya. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00