• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Penyerahan 10 Ribu KIA di Bantul Pecahkan Rekor MURI

15 October
14:42 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Penyerahan 10 ribu lebih Kartu Identitas Anak-KIA, untuk anak usia dini dan usia taman kanak-kanak di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (15/10/2019), memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam rekor diserahkan langsung Senior Manager MURI Sri Widayati di atas panggung, kepada Bupati Bantul Suharsono dan Bunda PAUD Erna Suharsono. Sebelumnya, rekor pembagian KIA terbanyak dipegang Banjarbaru Kalimantan Selatan, yang membagikan kartu tersebut kepada 5200 lebih pramuka tanggal 6 Juli lalu.

Melalui pembagian KIA, Bupati Bantul Suharsono ingin memperhatikan nasib anak-anak usia dini dan usia taman kanak-kanak di daerahnya.

”Tujuan saya adalah memikirkan nasib anak cucu kita, ternyata habis mereka lahir itu harus punya kartu identitas anak, tetapi belum ada fotonya setelah lima tahun ada fotonya, dan jika sudah 17 tahun bisa dipakai ngurus KTP,” katanya.

Saat ini, pemegang KIA di Kabupaten Bantul, jumlahnya hampir 180 ribu anak. Jumlah itu akan terus bertambah, karena Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul Bambang Purwadi, terus mendata anak-anak yang belum memiliki kartu tersebut.

”Ini bergerak terus, ini kan sekarang kita selesaikan yang PAUD usia tiga sampai enam tahun, kemudian kita akan bergerak ke anak usia SD dan SMP, yang belum punya KIA masih 20 persen, mudah-mudahan tahun ini selesai semuanya,” ungkapnya.

Anak-anak pemegang KIA menurut Bambang, bisa memperoleh berbagai fasilitas yang menguntungkan. ”Selain akte lahir wajib punya KIA sesuai Permendagri Nomor 2 Tahun 2016, anak yang memiliki KIA kalau di Bantul bisa mendapatkan diskon, misalnya beli buku dengan toko yang sudah kerjasama dengan pemkab, begitu juga yang ingin kuliner bisa dapat diskon,” tambahnya.

Dalam seremoni pemecahan rekor penyerahan 10 ribu lebih kartu identitas anak, Bupati Bantul Suharsono melakukan penyerahan KIA secara simbolis, kepada beberapa perwakilan anak-anak.

Selain itu, juga dilakukan pemotongan tumpeng, dan melepas puluhan balon berwarna merah dan putih untuk diterbangkan ke angkasa. (ws/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00