• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Global Gotong Royong (G2R), Merupakan Program Ekonomi Danais

10 October
14:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur Budaya merupakan Program ekonomi pertama melalui Dana Keistimewaan DIY. Pemda DIY meluncurkan dan memamerkan produk hasil progran Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur Budaya di Jogja City Mall pada 10 hingga 23 Oktober 2019.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi pada peluncuran G2R dan pameran di JEC menjelaskan G2R merupakan program ekonomi pertama melalui dana keistimewaan DIY.

G2R merupakan wujud inovasi sinergi gerakan gotong royong dan wirausaha desa. Pada 2018 sudah ada Dua desa G2R, tahun 2019 ada 5 desa, dan tahun 2020 ditargetkan bertambah 5 desa lagi dengan produk-produk unggulannya.

"Jiwa gotong royong yang ada di masyarakat DIY itu sudah ada. Tapi bagaimana cara mengemasnya, bagaimana cara mengelolanya. Gotong royong kita optimalkan yang akhirnya bisa berkarya bisa mengoptimalkan terhadap sumber daya yang ada," jelasnya, Kamis (10/10/2019) siang.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Umar Priyono dalam sambutannya menyebut G2R membuktikan jika budaya yang berkembang di masyarakat jika dikelola dengan baik akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, sehingga berdampak pada kesejahteraan rakyat.

"Tetapi justru bagaimana perbaikan nasib saudara-saaudara kita yang baik di desa budaya maupun desa prima dan lain-lain itu, semakin terangkat dengan intervensi yang dilakukan oleh pemerintah, perguruan tingi dan elit-eelit yang lain," papar Umar Priyono.

Salah satu pengelola G2R dari Sabdodadi Bantul, Nur Hidayah menjelaskan G2R Pandawa yang dikelolanya, mengolah okra yang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik menjadi teh tubruk, celup dan kripik. Produk olahan tersebut, diharapkan dapat menembus pasar di Bandara Internasional Yogyakarta.

Sementara itu, 5 desa yang menjalankan program G2R tahun ini yaitu Bejiharjo dan Putat Gunungkidul, Sabdodadi Bantul, Pagerharjo Kulon Progo dan Bangunkerto Sleman. (wury/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00