• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Bumikan Dusun Ramah Anak Sleman Gelar Festival Angon Bocah

6 October
14:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Ratusan anak meriahkan Festival Angon Bocah di Kawasan Dusun Ramah Anak yang terletak di Padukuhan Jomblang, Desa Sendangadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, pada Minggu (6/10/2019).

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Desa Sendangadi ini melibatkan ratusan anak dalam sejumlah kegiatan, diantaranya pertunjukan seni dan budaya, permainan tradisional, hingga kegiatan literasi.

Kepala Desa Sendangadi, Damanhuri menjelaskan, kegiatan Festival Angon Bocah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan Dusun Ramah Anak di wilayah Kabupaten Sleman.

“Kami bersama perangkat desa bekerjasama dengan sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya untuk mewujudkan desa ramah lingkungan, salah satunya melalui kegiatan Festival Angon Bocah,” katanya.

Lebih lanjut, Damanhuri juga menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut, anak – anak diberikan ruang untuk berekspresi melakukan kegiatan yang menjadi minatnya yang diakomodir dalam berbagai kegiatan. Hal tersebut dinilai sebagai langkah yang tepat untuk membangun karakter anak yang baik.

“Ini merupakan kesempatan kita sebagai orang tua dan masyarakat untuk memberikan perhatian kepada anak-anak dan memberikan lingkungan yang ramah terhadap anak demi tumbuh kembang yang baik bagi anak,” ujarnya.

Dalam kegiatan Festival Angon Bocah ini, sejumlah anak mengikuti berbagai kegiatan sejak pagi hari, yaitu dimulai dengan kegiatan kirab budaya, penampilan seni tari, membaca buku, membatik serta bermain permainan tradisional. Seluruh anak tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam Festival Angon Bocah.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi penuh bagi penyelenggaraan Festival Angon Bocah. Menurut Sri Muslimatun, kegiatan ini merupakan upaya dalam membangun karakter anak dan menyiapkan generasi emas Indonesia.

“Hari ini anak-anak kita gali potensinya, ada yang menari, ada yang menyanyi, dolanan bocah tradisional, semuanya dikemas dalam rangka Gugus Desa Ramah Anak yang melibatkan beberapa organisasi Pemerintah Kabupaten Sleman,” jelas Sri Muslimatun.

Sri Muslimatun juga menjelaskan bahwa saat ini, sebanyak 86 desa di wilayah Kabupaten Sleman telah dicanangkan sebagai Gugus Desa Ramah Anak. Hal tersebut merupakan wujud nyata kerjasama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia.(kus/ryt/yyw).


  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Riyanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00