• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Nikmatnya Sajian Kopi Gratis di Puncak Acara Malioboro Coffee Night

2 October
22:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Harum aroma kopi yang diseduh barista, tajam menusuk hidung para pengunjung kawasan wisata Malioboro Yogyakarta, Rabu (2/10/2019) malam, saat mereka menikmati meriahnya suasana event Malioboro Coffee Night.

Di salah satu panggung, yang lokasinya tepat di depan Malioboro Mall, pembawa acara mengajak penonton acara hiburan musik yang berkerumun mengelilingi panggung, untuk mengambil gelas cup berisi kopi dan kemudian melakukan seremoni toss kopi secara bersama-sama.

Lidah para pecinta kopi betul-betul dimanjakan oleh panitia, dengan sajian beragam kopi nusantara yang disediakan gratis hingga ribuan gelas cup, dan bisa dinikmati mulai jam tujuh malam hingga jam tiga pagi.

Ratusan stand milik penggiat kopi yang berjajar rapi di trotoar sisi timur jalan Malioboro, menyediakan berbagai jenis kopi, baik dari wilayah Sumatera seperti Gayo Aceh, juga Kopi Temanggung, hingga varietas kopi dari daerah Papua.

"Di tengah menguatnya trend ngopi di masyarakat Yogyakarta, acara ini bagus sih dari sisi edukasi bisa untuk mengenalkan jenis-jenis kopi," kata Dita usia 30 tahun, salah satu penikmat kopi asli Jakarta.

Pengunjung lainnya bernama Yunarko usia 26 tahun dari Sleman sangat senang bisa menikmati kopi gratis yang hanya setahun sekali, sembari menikmati meriahnya suasana malam Malioboro, yang diterangi gemerlap lampu-lampu kota.

"Saya suka kopi di sini, mencicipi langsung yang belum pernah saya minum, rasanya ada yang agak asam bahkan juga ada yang pahit," ucapnya.

Bagi pemilik usaha kopi, event Malioboro Coffee Night menjadi saat yang tepat mengenalkan berbagai produk yang mereka jual kepada masyarakat, utamanya para pecinta kopi.

"Alhamdulillah dagangan saya laris, mayoritas kopi dari Sumatera seperti Gayo, Kerinci, banyak diminati pengunjung sudah puluhan wadah terjual dalam berbagai ukuran, harganya mulai 10 ribu sampai 35 ribu," ucap Ardina Lukman pemilik usaha pengolahan kopi di Turi Sleman.

Ketua event Malioboro Coffee Night Anggi Dita menyebut, event tahunan yang diselenggarakannya, sudah memasuki tahun yang ketiga. Saat ini, bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kota Yogyakarta ke 263 tahun, International Coffee Day serta bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional.

Sajian kopi gratis ini menjadi puncak acaranya, yang bisa dinikmati di tiga titik lokasi, antara lain LOKO Coffee Shop di sisi utara Malioboro, kemudian di Malioboro Mall, serta di depan Kantor Gubernur DIY kompleks Kepatihan.

"Event ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas, bahwa Indonesia memiliki kopi berkualitas yang tidak kalah dengan kopi dari belahan dunia lain," ungkap dia.

Lewat acara ini, ia juga ingin mempertegas Yogyakarta yang mampu memposisikan diri sebagai kota dengan apresiasi terbaik untuk dunia kopi, karena tercatat sudah ada dua ribu kedai dan tempat ngopi yang menguatkan sisi industri di sektor hilir.

"Sehingga ini menjadikan Yogyakarta layak disebut sebagai Kota Wisata Kopi Dunia," lanjutnya.

Selain dimeriahkan acara ngopi gratis, event Malioboro Coffee Night yang diselenggarakan dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober, juga diisi berbagai acara menarik, antara lain Diplomasi Kopi, Bursa Kopi Nusantara, hingga kompetisi seduh kopi antar barista, menggunakan alat seduh manual bernama Aeropress. (ws/yyw)

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00