• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

DPRD Kulon Progo Himbau Pelajar tidak Terlibat Demo

26 September
18:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kulon Progo : DPRD Kulon Progo bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Balai Dikmen, dan pihak lainnya, melakukan antisipasi agar pelajar di wilayah itu tidak mengikuti demo yang bisa berujung dengan kericuhan. Setiap sekolah di Kulon Progo dihimbau, agar menjaga siswanya sehingga tidak mengikuti demo tersebut.

Ketua Sementara DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati mengatakan, koordinasi dengan berbagai pihak sudah dilakukan, mulai dari Polres Kulon Progo, Balai Pendidikan Menengah (Balai Dikmen) serta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo.

Menurut Akhid, pada hari ini Kamis 26 September, Balai Dikmen Kulon Progo sudah mengumpulkan kepala sekolah seluruh Kulon Progo, agar melarang dan memecah aksi demo yang melibatkan pelajar. Hal yang sama jug dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharaga (Disdikpora) Kulon Progo, yang mengumpulkan para  kepala sekolah untuk mensikapi rencana aksi tersebut.

"Seluruh pemangku kepentingan, berkewajiban melindungi anak di bawah umur supaya tidak ikut aksi demontrasi yang berpotensi jadi aksi kekerasan dan arnakis. Undangan demo itu tidak jelas pihak mana yang mengajak dan bertanggung jawab," kata Akhid.

Menurutnya, DPRD Kulon Progo akan mengusulkan sanksi terhadap pihak sekolah yang terlibat, sementara bagi pelajar Kulon Progo yang terlibat, maka akan dilakukan perlindungan.

Sementara itu, Kepala Balai Dikmen Kulonprogo, Henry Tatik Widiati mengatakan, pihaknya segera mengantisipasi terkait dengan adanya informasi ajakan demo pelajar di media sosial.

Rapat koordinasi bersama kepala sekolah SMA dan SMK se-Kulonprogo digelar, dengan melibatkan Polres, Kesbangpol (Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kulonprogo), dan Kodim.

Antisipasi dilakukan, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Pendikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI No: 310/Sipres/A5.3/IX/2019.

"Harapannya pelajar Kulonprogo tidak ada yang terpancing untuk ikut gerakan demo di Jakarta,"ujarnya

Disisi lain, Sekretaris Disdikpora Kulonprogo, Eko Teguh Santoso mengatakan, pihaknya juga telah melakukan antisipasi. Seluruh kepala sekolah SMP diinstruksikan membuat surat edaran yang ditujukan kepada para wali murid agar menjaga putra-putinya.

"Saya yakin siswa SMP tidak ada yang terlibat. Pada Senin besok juga masih ada UTS (Ujian Tengah Semester),"ungkapnya. (hrn/yyw).

  • Tentang Penulis

    Harun Susanto

    Reporter RRI Yogyakarta<br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00