• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kuatkan Akhlaq, Sleman Gelar MTQ Pelajar

25 September
12:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar Sekolah Umum bertempat di SMP Negeri 1 Ngaglik pada Rabu (25/9/2019). Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Agama Sleman dan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini menjelaskan bahwa MTQ ini diikuti kurang lebih 432 kafilah. Jumlah tersebut terdiri dari 272 kafilah SD, 72 kafilah SMP dan 88 kafilah SMA/SMK.

"Semua peserta merupakan peringkat pertama hasil seleksi di tingkat UPT/Kecamatan untuk jenjang SD dan hasil seleksi di tingkat Korwil untuk jenjang SMP dan SMA/SMK," jelasnya.

Menurutnya dalam MTQ tahun ini ada 14 cabang lomba, yaitu MTQ, Puitisasi Sar Tilawah, Musabaqah Tilawah Al Qur’an, Tartil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Adzan, seni lukis, Syahril Qur’an, Khutbah Jum’at, pidato, cerdas cermat, nasyid, kaligrafi, lomba kebersihan dan kemakmuran mushalla/masjid sekolah.

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan rasa cinta pada kitab suci Al Qur’an serta meningkatkan dan menanamkan  pendidikan karakter siswa," tambah Sri Wantini.

Sementara itu Bupati Sleman, Sri Purnomo yang hadir membuka acara tersebut mengatakan bahwa dalam konteks pelaksanaan pembangunan, kegiatan MTQ tingkat pelajar sekolah umum ini juga mengemban misi yang sangat mulia dan strategis yakni menguatkan akhlak generasi muda. Di samping itu, MTQ pelajar juga merupakan wahana mencetak generasi Qur’ani.

"Generasi Qur’ani itu sedianya bukan saja generasi muslim yang sadar akan kewajiban keagamaanya dengan menempatkan Al Qur’an sebagai sumber moral, tetapi juga mampu menyerap nilai-nilai Al Qur’an sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen perubahan dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat," tuturnya.

Sri Purnomo berharap, kegiatan MTQ ini dapat menjadi sarana internalisasi nilai-nilai luhur Al Qur’an di kalangan pelajar. Para peserta tidak hanya dituntut dapat berprestasi di ajang ini namun yang terpenting adalah peran secara nyata dalam mengamalkan isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an. (kus/mrt/yyyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Sumarti

    Admin RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00