• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Sleman Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak

24 September
15:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Anak merupakan awal mata rantai yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa di masa depan. Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan  dari kekereasan, diskriminasi, eksploitasi, penelantaran, penganiayaan, ketidak adilan dan perlakuan salah lainnya.

Oleh karenanya negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB Kab Sleman dr. Mafilindaty Nuraini, M.Kes. dalam acara Pelatihan Konvensi Hak anak bagi pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Kabupaten Sleman tahun 2019.

"Acara ini berlangsung 2 hari yaitu pada 24 dan 25 September 2019 di RM Pringsewu dengan peserta 100 orang untuk hari pertama bagi Kepala SMP/MTs dan hari kedua bagi Kepala SD/MI," ujar Mafilindaty, Selasa (24/9/2019)

Diambahkannya, menuju KLA tidak mudah perlu dukungan semua pihak termasuk stakeholder secara sinergi melakukan upaya dalam pemenuhan hak anak. Dipillihnya tenaga kependidikan sebagai peserta pelatihan, mengingat anak-anak sebagian waktunya dihabiskan di sekolah sehingga diharapkan para pendidik dapat memberikan bekal yang cukup bagi anak-anak.

"Tujuannya memberikan pemahaman kepada pendidik dan tenaga kependidikan tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak. Selain itu, mendorong para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan upaya-upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam mendukung terwujudnya sekolah ramah anak," tambahnya.

Dikatakan Mafilindaty, hasil yang ingin dicapai yakni pendidik terlatih konvensi hak anak sebagaimana dipersyaratkan dalam indikator kabupaten layak anak. Program Sekolah Ramah Anak bukan opsi, tetapi sebuah keharusan sesuai regulasi Peraturan Bupati Nomor 19 tahun 2016 tentang Pengembangan Sekolah Ramah Anak.

Menurut data yang telah diolah dan dilakukan pencermatan oleh Dinas P3AP2KB jumlah sekolah di Sleman dari sekitar 600 lebih SD/MI dan SMP/MTS sudah ada 528  sekolah yang telah mengembangkan Sekolah Ramah Anak. Kondisi demikian cukup bagus dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak. (kus/mrt/yyw).

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Sumarti

    Admin RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00