• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni Budaya

Kirab Bregodo Prajurit dan Gunungan Semarakkan Hari Jadi Desa Nogotirto

21 September
23:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman: Memperingati sejarah pembentukan Desa Nogotirto melalui maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 1948, Pemerintah Desa Nogotirto menyelenggarakan Gelar Budaya Desa Nogotirto Tahun 2019 di Balai Desa Nogotirto, Sabtu (21/9/2019).

Gelar budaya tersebut dimeriahkan dengan prosesi kirab bergodo di lingkungan Kantor Desa Nogotirto. Dalam gelaran ini juga terdapat dua gunungan yang berisi berbagai hasil bumi yang diikutsertakan dalam prosesi kirab.

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang hadir dalam kegiatan tersebut berkesempatan untuk membacakan maklumat No. 5 tahun 1948 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Sri Purnomo juga menuturkan bahwa kegiatan gelar budaya Desa Nogotirto merupakan momen untuk mengingat kembali sejarah terbentuknya Desa Nogotirto yang awalnya terdiri dari dua kelurahan.

“Agenda ini (Gelar Budaya) mengungkap kembali sejarah pada tahun 1946  yang pada saat itu Desa Nogotirto merupakan dua kelurahan yaitu Nogosaran dan Kwarasan yang kemudian digabung menjadi satu melalui maklumat nomor 5 Tahun 1948,” tuturnya.

Menurut Sri Purnomo, gelar budaya Desa Nogotirto ini merupakan salah satu bukti bahwa Desa yang  sudah berkembang di wilayah Kabupaten Sleman ini, tidak melupakan budaya dan sejarahnya terdahulu.

“Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan terbentuk guyub rukun, terbentuk rasa gotong royong dan warga masyarakat bisa mengekspresikan potensi yang ada di Dusunnya masing-masing,” ujarnya.

Dalam gelar budaya ini, Bupati Sleman juga berkesempatan memetik hasil bumi yang terdapat dalam gunungan, serta melakukan penanaman pohon di halaman Kantor Desa Nogotirto. Setelah berbagai prosesi dilakukan, kegiatan diakhiri dengan pelepasan gunungan kepada masyarakat.(kus/joel)

  • Tentang Penulis

    Kusdiyanto Koestidjo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yuliyanta

    RRI Yogyakarta<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00