• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seni Budaya

Perusahaan Sarung Tangan Karnaval Seni Budaya di Kompleks Candi Prambanan

21 September
21:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahunnya yang ke-21, PT Sinar Utama Sejahtera, Tlogo, Prambanan menggelar Karnaval Seni Budaya di kawasan Kompleks Candi Prambanan, Sabtu (21/9/20019).

Karnaval diikuti lebih dari 400 karyawan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sarung tangan tersebut, dengan mengenakan kostum aneka tokoh pewayagan.

Wakil Pimpinan PT Sinar Utama Sejahtera, Kus Supriadi kepada RRI mengatakan, karnaval seni budaya diikuti sekitar 400 karyawan, dimulai  dari gedung Mandala menuju kawasan Komplek Candi Prambanan.

“Karnaval dengan menempuh jarak sekitar 500 meter.  Mereka berpakain seni budaya seperti  tokoh-tokoh dalam wayang, ketoprak, pakaian seni tradisional jantilan, pakaian tari-tarian dan lainnnya,” kata Kus Supriyadi.

Menurutnya, tujuan digelar karnaval seni budaya tersebut selain dalam rangka memeriahkan HUT ke-21 PT Sinar Utama Sejahtera, juga untuk nguri-uri atau melestarikan budaya jawa agar tidak punah, tetap eksis, juga untuk pengembanagn potensi budaya yang ada di Indonesia.

“Usia PT Sinar Utama sudah 21 tahun, dengan harapan selalu tetap eksis, tetapi saat ini eksport kita terpengaruh oleh situasi ekonomi kita yang sekarang agak kurang bagus. Tahun 2019 ini ada penurunan 30 persen yang diekspor di andingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Kus Supriyadi.

Lebih lanjut Kus Supriadi mengatakan, PT Sinar Utama Sejahtera berdiri sejak tahun 1998, bergerak dibidang sarung tangan yang dieksport ke Korea, seperti sarung tangan Golf dan sarung tangan dingin.

Di sisi lain, salah satu karyawan PT Sinar Sejahtera, yakni Pambudi asal Desa Mlese Kecamatan Gantiwarno, Klaten,  mengaku telah bekerja di PT tersebut sudah 21 tahun sejak mulai berdirinya. Hal ini sekaligus menunjukkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan pihak karyawan.

Ia berharap agar perusahaan tempatnya mencari nafkah tetap bisa berjalan lancar, aman sehingga membawa kesejahteran bagi para karyawan dan juga masyarakat sekitar. (yon/yyw).

  • Tentang Penulis

    Yon Mujiyono

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00