• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata

Jaka dan Lisa Akan Hadir Sebagai Maskot Malioboro

19 September
23:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Perhatian dan kepedulian masyarakat terutama para pedagang kaki lima terhadap upaya pemerintah dalam menata kawasan Malioboro sebagai salah satu ikon wisata DIY mulai terlihat.

Para PKL di kawasan Malioboro segera meluncurkan maskot kebersihan Malioboro, 'Jaka' dan 'Lisa' - Jaga Kebersihan, Lihat Sampah Ambil.

Presidium Paguyuban Kawasan Malioboro, Sujarwo mengatakan, para PKL Malioboro saat ini berupaya keras menjaga kebersihan dan keindahan Malioboro.

"Salah satunya dengan menyiapkan maskot kebersihan Malioboro, 'Jaka' dan 'Lisa' yaitu Jaga Kebersihan, Lihat Sampah Ambil," katanya, usai bersilaturahmi ke Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X, di Gedhong Pare Anom Kepatihan Yogyakarta, Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, maskot ‘Jaka dan Lisa’ direncanakan diluncurkan awal Oktober, sehingga sekaligus bisa menjadi kado bagi Ulang Tahun ke-263 Kota Yogyakarta.

Sujarwo menambahkan, setelah peluncuran, anggota Paguyuban Kawasan Malioboro akan berkeliling untuk mensosialisasikan total care terhadap kebersihan Malioboro.

Dijelaskannya, Paguyuban akan menerapkan konsep terpadu antar stakeholder, baik pemerintah, pedagang kaki lima, wisatawan, komunitas, pelaku bisnis serta pelaku wisata.

Hal tersebut menyasar pada perubahan fisik, teknis maupun perubahan sikap dan prilaku terhadap kesadaran pengelolaan sampah.

"Kami optimis, Malioboro dengan wajah baru yang mendukung program-program Pemda DIY ini akan  menjadikan istilah Jogja Istimewa benar-benar menemukan tempatnya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka KGPAA PA X menyampaikan, kebersihan Malioboro seyogyanya memang harus dilakukan dengan lebih baik lagi.

Menurutnya, saat ini upaya Pemda DIY untuk menata, mempercantik dan memperindah Malioboro tidak bisa tercapai tanpa adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Harus dibarengi pula dengan edukasi kesadaran pemeliharaan lingkungan pada masyarakat, sehingga tujuan untuk menyejahtrerakan masyarakat segera tercapai," ungkapnya.

Wakil Gubernur berharap ada pemahaman yang sinergis antara Pemda DIY dan  pelaku ekonomi di kawasan Malioboro terkait kebersihan.  (wur/ian/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00