• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kepala Sekolah Swasta Minta Kaji Ulang Aturan Sertifikat dan STTPP

19 September
22:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Swasta DIY berharap pemerintah mengkaji ulang aturan kewajiban kepala sekolah memiliki sertifikat khusus, Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP).

Salah satu Kepala Sekolah SMA Swasta, Totok, Agus dari SMA Kolese De Britto saat audiensi di DPRD DIY menjelaskan, Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan surat edaran mewajibkan calon kepala sekolah memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) dan nomor unik kepala sekolah.

"Kepala Sekolah yang tidak punya STTPP dan nomor unik kepala sekolah tidak bisa menandatangani ijazah, bahkan mengelola dana BOS atau dana bos tidak bisa cair," katanya di Yogyakarta, Kamis (19/9/2019).

Totok dan Agus menyebut kebijakan itu cukup menyulitkan, karena terbatasnya kuota lembaga diklat yang direkomendasikan untuk diklat, padahal aturan akan diberlakukan 2020.

Sementara itu, Juru Bicara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Swasta DIY, Andar Rujito mengharapkan, pemerintah mengkaji ulang kebijakan itu. Minimal, menunda waktu pelaksanaanya.

Disisi lain, Wakil Ketua Sementara DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyebut persoalan yang disampaikan kepala sekolah swasta akan dibahas di Komisi D dan juga alat kelengkapan dewan lainnya setelah ALKAP DPRD DIY resmi terbentuk.

Pembentukan ALKAP masih menunggu adanya pimpinan DPRD DIY definitif. (wur/ian/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00