• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan

Spesies Burung Kepulauan Mentawai Dibukukan

19 September
16:34 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Imam Taufiqurrahman bersama sejumlah peneliti, melakukan eksplorasi dan pendataan spesies burung, di Kepulauan Mentawai sejak tahun 2017. Hasilnya, sebanyak 82 jenis burung yang berbeda, didokumentasikan dalam sebuah buku setebal 104 halaman, berjudul burung-burung Kepulauan Mentawai.

Beragam foto bewarna spesies burung dari berbagai jenis, tercetak jelas dalam lembar-lembar halaman buku, disertai nama, deskripsi, hingga lokasi sebarannya. Salah satu spesies asli kepulauan setempat, yaitu Celepuk Mentawai yang jika dilihat sekilas mirip Burung Hantu, berhasil terdokumentasi dalam buku tersebut.

Imam yang juga pendiri kelompok pengamat burung Bionic di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sekaligus bekerja di Yayasan Kutilang Indonesia ini, juga menceritakan berbagai kendala yang dihadapi, selama proses pendokumentasian spesies burung di Kepulauan Mentawai.

”Karena kepulauan akses juga terbatas, seperti saat ini teman-teman dari Mentawai datang ke Jogja butuh tiga hari dua malam, karena jadwal kapal tidak setiap hari sehingga harus menyesuaikan jadwal kapal, kawasan Kepulauan Mentawai sendiri terdiri dari hutan dan rawa,” ucap Imam.

Pendokumentasian spesies burung di Kepulauan Mentawai melibatkan Malinggai Uma, sebuah organisasi masyarakat setempat, yang fokus di bidang budaya dan konservasi lingkungan. Ketua Malinggai Uma Damianus Tatteburuk, ingin beragam spesies burung di wilayahnya bisa tetap lestari.

”Kami tetap melestarikan dan melindungi apa yang ada di Mentawai, salah satunya burung kami tetap jaga kelestarian dan konservasinya untuk anak cucu kita, percuma ada cerita tetapi tidak mengenali satwanya secara langsung,” kata dia.

Ke depan, proses eksplorasi serta pendataan spesies burung di Kepulauan Mentawai akan dilanjutkan, karena dari total 178 jenis burung yang ada, belum seluruhnya terdokumentasi dengan baik. (ws/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00