• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan dan Keamanan

Polwan Timor Leste, Lakukan Kunjungan ke Polres Sleman

19 September
10:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Sebanyak 4 polisi wanita (Polwan) dari Timor Leste melakukan kunjungan ke Polres Sleman, dipimpin langsung oleh Deputy Policia Nacional de Timor Leste, Inspektur Fernanda Gusmau, pada Rabu (18/9/2019).

Deputy Policia Nasional de Timor Leste Inspektur Fermanda kepada RRI di Ruang PPKO Polres Sleman mengatakan, kunjungannya ke Polres Sleman tersebut dalam rangka melakukan Study Referensi dibidang Strategic Planing, untuk mengetahui cara Strategi Planing Polres Sleman dalam mengelola dan menyusun rencana kerja. Hasil kunjungan di Polres Sleman tersebut nantinya akan diterapkan di Timor Leste.

Fernanda Gusmau, berharap kunjungan ini lebih bisa bermanfaat dan  bisa membangun strategi planning supaya kedepannya lebih baik lagi dan bisa  menjaga hubungan antara Timor Leste dengan Indonesia dalam Sumber Daya Manusia-nya.

"Dipilihnya Polres Sleman, karena dinilai lebih baik untuk pengadaan study banding," ungkapnya.

Sementara itu, Waka Polres Sleman  D Kompol M.Kasim Akbar Bantilan, mengatakan  ada tknik membuat perencanaan di masing-masing fungsi di Polres Sleman.

Selain itu, ada 2 cara dalam menjaga keamanan wilayah, yakni dengan mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian dengan berbaur bersama warga secara langsung, apabila ada problem solving dan didukung kegiatan preventif patroli Sabahara. Selain itu, dengan cara tertutup yaitu mengedepankan fungsi Intelijen.

Menurut M Kasim, mendapatkan kunjungan dari Kepolisian Timor Leste ini, pihaknya menyambut baik untuk menjalin kerjasama antara Polri dengan Kepolisian Timor Leste.

"Polres Sleman baru pertama kali dikunjungai dari Kepolisian Timor Leste dengan harapan dapat membawa sinergitas yang baik, sehingga komunikasi menjadi tambah  dan juga persaudaraan semakin baik," ujarnya.

Di sisi lain, Kabag Sumda Kompol Imam Sapingi mengatakan cara merekrut personil Polri dengan melakukan sosialisasi di tingkat SMA, meliputi perekrutan Perwira, PPSS, Bintara, Tamtama dan ASN Polri. Cara mengelola data personil secara manual dengan mengumpulkan data semua kelengkapan berkas di CB dan dengan elektronik data di SIPP Polri.

Sedangkan Kabag Ren Polres Sleman Kompol Christina Dwi Iriantini mengatakan  cara penyusunan rencana kerja sesuai kalender Kamtibmas mengenai apa saja yang diperlukan dalam operasional Polres Sleman dengan melibatkan semua satfung.

Dalam  kegiatan kunjungan tersebut, Waka Polres Sleman dan perwakilan Policia Nacional de Timor Leste saling memberikan souvenir berupa cinderamata. Sedangkan 4 Polisi Wanita dari Timur Leste tersebut, yakni Inspektur Fernanda Gusmau jabatan sebagai Deputy Directur Sargento Fatima M.Margues jabatan sebagai Administrasi Kabinet Lommarde Keneral, Agen Chefe Maria Jose de Desa jabatan sebagai Administrasi Kabinet Lommarde Keneral dan Agen Chefe Maria Bosco sebagai Administrasion Planing. (yon/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00