• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Peningkatan Insentif Guru Swasta

18 September
16:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Sejumlah Kepala Sekolah SMA swasta se-DIY meminta adanya peningkatan insentif guru di sekolah swasta, hingga perbaikan sistem penyaluran dana bos.

Permintaan itu mengemuka saat puluhan Kepala Sekolah SMA swasta se-DIY yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala SMA Swasta ( MUKASTA) menyampaikan aspirasi di DPRD DIY, Rabu siang (18/9/2019).

Kepala SMA Maarif 1 Sleman, Wahyu Herlambang mengatakan, sekolah swasta sejatinya turut berperan aktif dalam mendidik masyarakat dan memajukan pendidikan di Indonesia. Namun selama ini masih belum mendapat perlakuan yang adil.

Ketidakadilan yang dirasakan di antaranya mulai dari rencana pembatasan penerima BOS minimal memiliki 60 siswa, padahal meski memiliki murid yang sangat sedikit, beban kerja mendidik tidaklah mudah. Karena biasanya siswa di sekolah swasta kecil, adalah anak yang tidak diterima di sekolah negeri maupun swasta besar dan perlu mendapat perlakuan khusus.

"Nek mulang pelajar yo dinehi bayar iso 12 jam. Misalnya itu untuk cah 40 yo dibantu saja untuk anak 40. Tapi jangan dibatasi untuk anak 60," ujar Wahyu Herlambang.

Sementara itu, Juru Bicara MUKASTA, Andar Rujito yang juga Kepala Sekolah SMA Bopkri 1 Yogyakarta menambahkan, persoalan insentif juga memerlukan perhatian serius. Selain masih banyaknya guru dan karyawan yang belum mendapat insentif karena terkendala peraturan pemberian insentif hanya kepada guru dan karyawan sekolah swasta sebelum 2007 dan besaran insentif juga sangat kecil. Karena itu, pihaknya berharap insentif dinaikkan minimal setara UMP.

"Mendekati UMR lah syulur kalau sudah sama dengan UMR. Itukan bagus sekali. Bayangkan guru-guru swasta  itu ada yang menerima gaji per bulannya 200 ribu 250 ribu, raihannya kan tidak layak untuk bidang pendidikan," turur Andar Rujito.

Andar Rujito menambahkan, Musyawarah Kepala Sekolah SMA Swasta juga berharap, pemerintah tidak ada lagi penarikan ASN di sekolah swasta, apalagi jika ASN itu memegang peranan penting di sekolah swasta. (wur/mrt/yyw).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00