• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Saatnya Indonesia Kembangkan Energi Terbarukan

17 September
19:46 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Pakar Energi Terbarukan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr Ahmad Agus Setiawan berpendapat, sudah saatnya Indonesia mengembangkan energi terbarukan, untuk menggantikan energi fosil yang berdampak buruk bagi lingkungan.

Saat ini, penggunaan energi fosil di dalam negeri kisarannya masih 94 persen, sedangkan energi terbarukan porsinya masih kecil, baru 6,5 persen.

Padahal, potensi energi terbarukan di Indonesia sangat melimpah, menurut data Badan Energi Terbarukan Internasional, bisa menghasilkan 716 Giga Watt dari berbagai sumber, antara lain dari panas bumi, gelombang laut, hingga tenaga angin.

Ia melihat, isu tentang pemanfaatan energi terbarukan belum menjadi fokus utama pemerintah, dalam melaksanakan program pembangunan.

”Kita harus menjadikan mainstream energi terbarukan, karena ini adalah investasi masa depan Indonesia, pada intinya adalah ketika kita memikirkan masa depan yang lebih baik, lebih kuat dan berkelanjutan, maka kita harus memprioritaskan energi terbarukan,” ucapnya di Yogyakarta, Selasa (17/9/2019).

Dirinya juga membantah anggapan, jika penggunaan energi terbarukan butuh biaya mahal dari sisi investasi, padahal faktanya berbanding terbalik, dengan rumor yang dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu.

”Data terkini, semuanya eksponensial turun semua harga-harga energi terbarukan, baik itu kincir angin dan sebagainya, ada contoh photovoltaic (sel surya, red) misalnya ya, 10 tahun yang lalu dengan besaran dan kapasitas yang sama harganya masih kisaran empat, sekarang satu koma sekian, jadi kalau ada yang bilang mahal itu mitos,” lanjutnya.

Ahmad juga menyebut, penggunaan energi fosil membuat boros anggaran APBN, di tahun 2017, saja subsidi untuk energi ini 77 trilyun rupiah. Disamping itu, energi fosil yang selama ini digunakan akan segera habis, sehingga pengembangan energi terbarukan di Indonesia menjadi sangat penting dan relevan. (ws/yyw).

  • Tentang Penulis

    Wahyu Suryo

    Reporter RRI Yogyakarta<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;&amp;amp;lt;br /&amp;amp;gt;

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00