• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

FEATURE

Ribuan Anak TK dan PAUD ‘Indahkan’ Kebersamaan dengan RRI

13 September
10:21 2019
1 Votes (1)

KBRN, Yogyakarta : Seorang Filsuf Amerika Serikat keturunan Lebanon, bernama Qalil Gibran, dalam sebuah bukunya berjudul SANG NABI menyebut, “Anakmu bukanlah milikmu. Ia putra-putri Sang Hidup yang rindu pada diri sendiri. Lewat engkau mereka lahir, namun tidak dari engkau mereka ada padamu. Patut kau berikan rumah untuk raganya, tetapi tidak untuk jiwanya. Sebab jiwa mereka ada rumah tesendiri yang tak dapat kau kunjungi sekalipun dalam impian.”

Merujuk sajak anak tersebut, nampaknya selaras dengan apa yang dilakukan oleh RRI Yogyakarta yang senantiasa memberikan ruang bagi anak-anak untuk berekspresi dan berkreasi dalam jiwa-jiwa dan raga mereka melalui perlunya pendidikan anak untuk mengantarkannya menjadi sosok manusia soleh dan solehah dalam menggapai masa depannya.

Seperti hari itu, RRI Yogyakarta menggelar ajang kreativitas anak untuk pembangunan jiwa dan raga mereka lewat kegiatan senam bersama ribuan anak Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), di halaman Audiorium RRI Jalan Afandi Demangan Sleman, pada Jumat (13/9/2019).

Mereka berjingkrak ria dengan wajah-wajah mungil lucu penuh antusias mengikuti alunan musik dengan dipandu seorang instruktur senam yang ditemani host Meiri Braniwati dan Agus Permana.

Peluh keringat didahinya yang legam oleh sapaan matahari pagi justru semakin memacu anak-anak untuk bisa lebih bebas dalam mekengpresikan kekanakannya dan bisa lebih keras untuk meriakkan yel-yel penyemangat yang dipandu oleh Meiri dan Agus, hingga suasana pun tampak semakin semarak.

“Mereka ini merupakan anak-anak yang biasa mengisi siaran di RRI. Mereka datang dari seluruh wilayah di DIY. Jumlahnya mencapai 1200 anak,” kata Kepala RRI Yogyakarta Dra. Redno Desy Swasri, di sela-sela kegiatan senam bersama.

Selain membangun pendidikan lewat kegiatan olahraga senam massal, Redno Desy juga menguraikan tentang upaya-upaya RRI yang selama ini telah dilakukan dalam rangka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Terus berusaha mengakomodir kebutuhan dan keinginan mereka lewat siaran-siaran, tidak saja diperuntukkan bagi anak-anak TK dan PAUD, akan tetapi juga untuk anak-anak remaja, agar mereka menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara.

“Kita RRI terus berusaha membangun silaturachmi, memberikan motivasi, inspirasi, pendidikan dini lewat kegiatan olahraga senam bersama, dan itu sehat. Ini harus diberikan dan dibudayakan kepada anak-anak,” lanjut Redno, sesaat sebelum membagi doorprise untuk anak-anak peserta senam.

Apa yang dilakukan oleh RRI Jogja yang berusaha membentuk karakter, jiwa dan raga itu, sekaligus sebagai salah satu bentuk implementasi ajaran agama sebagaimana diperintahkan oleh Allah S.W.T lewat ayat-ayatnya.

‘Allah tidak mewajibkanmu membentuk anakmu mahir dalam segala hal. Allah mewajibkanmu membentuknya menjadi anak shalih yang terbebas dari api neraka’. (QS. 66 : 6, QS. 46 : 15).

‘Jangan berharap kebaikan dari anakmu bila tidak mendidik mereka menjadi anak yang shaleh’. (QS. 11 : 46, QS. 19 : 59).

‘Anakmu bukanlah pilihanmu. Mereka menjadi anakmu bukan juga karena keinginan mereka, tetapi takdir Allah’. (QS. 28: 68, QS. 42 : 49-50).

‘Karena apa yang Allah takdirkan untukmu, maka itulah amanah yang harus ditunaikan’. (QS. 8 : 27-28).

‘Orangtua lah yang menginginkan anak. Dan keinginanmu adalah janjimu kepada Allah. Maka tepatilah janjimu karena akan Allah minta pertanggungjawabannya. (QS. 5 : 1, QS. 17 : 34, QS. 13 :19-24). (yyw).

  • Tentang Penulis

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00